Disdukcapil dan DPMPTSP Diminta Terus Tingkatkan Pelayanan

Banjarmasin, KP – Komisi I DPRD Kota Banjarmasin melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdikcapil) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banjarmasin, Senin (27/1/2020).

Kunjungan kepada kedua SOPD dan merupakan mitra keja komisi I tersebut untuk melihat secara langsung terkait pelayanan yang dilaksanakan selama ini.

Saat melakukan kunjungan pertama rombongan komisi I yang diketahui Suyato SE MM ini diterima langsung ke Kepala Dinas Disdukcapil, Drs Khairul Saleh MSc.

Sementara saat meneruskan kunjungan kedua komisi yang diantaranya membidangi pemerintahan dan perizinan diterima langsung Kepala Dinas DPMPTSP, Muryanta.

“Dari kunjungan dilaksanakan, baik Disdukcapil dan DPMPTSP kami melihat pelayanan yang diberikan sudah cukup baik,’’ kata Ketua Komisi I DPRD Kota Banjarmasin, Suyato kepada wartawan, Selasa (28/1/2020).

Suyato yang akrap disapa Awie ini mencotohkan, khususnya pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Disdukcapil, pengurusan pembuatan Akta Kelahiran dan Kartu Indentitas Anak (KIA).

Melihat tingginya animo masyarakat mengurus pembuatan KTP, Akta Kelahiran, dan KIA serta akta lainnya, ketua komisi dari F-PDIP ini meminta agar Disdukcapil menambah loket pelayanan.

“Penambahan loket pelayanan itu setidaknya guna mengantisipasi agar jangan sampai terjadi antrean,’’ ujarnya, seraya mengemukakan Disdukcapil ada 8 loket.

Meski ia juga memaklumi, sumber daya manusia (SDM) di Disdukcapil masih terbatas sehingga untuk memaksimalkan pelayanan perlu kiranya harus dilakukan penambahan petugas dengan mengambil tenaga outsourcing untuk ditempatkan di posisi petugas loket.

Suyato juga menyatakan apresiasinya terkait terobosan Disdukcapil yang dalam upaya memudahkan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam pembuatan akta kelahiran menjalin kerjasama dengan pihak Rumah Sakit (RS).

“Sementara untuk memudahkan pembuatan Kartu Indentitas Anak (KIA) menjalin kerjasama dengan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),’’ kata Suyato.

Lebih jauh ia mengakui, berkat berbagai terobosan yang dilaksanakan dalam meningkatkan pelayanan Disdukcapil telah mendapatkan sejumlah penghargaan terbaik dari Depdagri. “Namun demikian kami berharap pelayanan untuk terus ditingkatkan,’’ katanya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Banjarmasin Khairul Saleh menyatakan, saat ini pelayanan KTP cukup bagus. Jika datanya lengkap cukup lima menit prosesnya sudah selesai.

Dalam pelayanan KTP, ungkap Khairul Saleh, pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan prima. “Alhamdulillah, dalam soal pelayanan KTP kita sudah mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat dan terbaik se Indonesia,’’ tandasnya.

Meski demikian Khairul Saleh mengungkapkan, saat ini salah satu kendala dihadapi adalah hanya terkait keterbatasan stok blanko KTP yang dikirimkan oleh Kemendagri, tidak sesuai dengan yang dimohonkan.

Usai di Disdukcapi, rombongan Komisi I DPRD Banjarmasin juga kunker ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Banjarmasin, untuk mempertanyakan pelayanan perizinan terpadu.

Kepala DPMPTSP Banjarmasin H Muryanta mengatakan, terus mempermudah proses terkait pelayanan permohonan perizinan secara cepat. Namun demikian, saat ini kendala dihadapi DPMPTSP terbatasnya SDM dan sarana prasarana yang ada. (nid/K-5)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...