Jembatan Tatah Bangkal Permudah Transfortasi Sungai

Banjarmasin, KP – Kepala Bidang Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, H Rustamm, mengungkapkan, pembangunan Jembatan Tatah Bangkal baru saja diselesaikan senilai Rp 8,3 miliar dan baru saja diresmikan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina didampingi Kadis PUPR Arifin Noor.

Jembatan ini berada di Jalan Tatah Bangkal, Kelurahan Tanjung Pagar jalur alternatif menuju Jalan Lingkar Selatan.

Jembatan ini dibangun dengan panjangnya mencapai 33 meter Cukup untuk dilalui dua mobil sekaligus.

Sebelumnya jembatan ini hanya berupa konstruksi ulin tak representatif lagi menanggung beban lalu lintas.

Berita Lainnya
1 dari 451
Loading...

“Jembatan ini dibuat dengan tipe gelagar pelengkung beton prategang jauh lebih kokoh dan sudah kita buka untuk masyarakat, sehingga nyaman untuk dilewati,” sebut Rustam, saat dihubungi, wartawan Sabtu.

Ia menuturkan, banyak sekali perbedaan karakteristik jembatan baru ini dengan yang sebelumnya.

Terutama pada bagian lantai dibuat tinggi melengkung agar tak menghambat lalu lintas sungai, armada kelotok bahkan bisa melintas di bawahnya ini memang konsep jembatan kota sungai, katanya.

Menurutnya, konsep jembatan melengkung ini akan terus diterapkan di titik-titik lainnya supaya tak mematikan akses sungai karena Banjarmasin ini kota sungai yang aktif.

“Transportasi sungai ingin dihidupkan makanya kami membangun jembatan yang memberi ruang transportasi sungai nyaman melintas,” tutup H Rustam. (hif/K-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya