Mendukung Swasembada Pangan, Distan Barut Berikan Bimtek

Muara Teweh, KP – Guna mendukung swasembada pangan berkelanjutan, Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara (Distan Barut) memberikan bimbingan teknis (Bimtek) penanganan pascapanen dan pemanfaatan mesin panen jagung di Desa Rimba Sari, Teweh Tengah, Kamis (9/1).

Kadis Pertanian Barut, Ir Setia Budi mengatakan bahwa pemenuhan pangan dan peningkatan mutu produksi tanaman pangan selalu dilakukan pemerintah di antaranya diimplementasikan melalui pengelolaan tanaman terpadu (PTT) yang salah satunya adalah penanganan pascapanen tanaman pangan.

Dijelaskannya, dalam pembangunan pertanian, subsistem penanganan pascapenen masih menghadapi berbagai kendala. Yakni masih tingginya kehilangan susut hasil panen dan rendahnya mutu hasil panen yang disebabkan penanganan dan pascapanen yang tidak tepat atau tidak memenuhi syarat.

Berita Lainnya

KPU Barut Umumkan DPS Pilkada 2020

1 dari 505
Loading...

Kondisi ini karena terbatasnya kemampuan dan pengetahuan petani dan pelaku usaha akan penanganan panen dan pascapanen yang baik, termasuk terbatasnya ketersediaan sarana dan prasarana pascapanen.

Penanganan panen dan pascapanen yang baik, merupakan faktor penentu yang sangat penting untuk menekan susut hasil, mempertahankan mutu hasil, mempertahankan dan memperpanjang masa simpan serta meningkatkan daya saing komoditas tanaman pangan, khususnya padi, jagung dan kedelai.

“Untuk itu diharapkan melalui kegiatan bimtek ini petani mampu melaksanakan usaha taninya dengan baik, khususnya pada penanganan pascapanen dan pemanfaatan alat mesin,” pungkasnya. (asa/K-8)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya