Polsek Halong Antisipasi Bencana Alam

Paringin, KP – Usai apel dan doa bersama, Polsek Halong dan Danramil Halong melaksanakan penanaman Pohon dan pemasangan tenda Operasi Kontijensi Kepolisian Terpusat Aman Nusa Intan, di halaman Mapolsek Halong, Selasa (21/1), sekitar pukul 09.00 WITA.

Itu dilakukan untuk mengantisipasi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Serta cepat meberikan respon jika terjadi bencana alam.

Kegiatan tersebut melibatkan Camat Halong Suratman, Danramil Halong Kapten Inf Suyanto, Perwakilan dari Dinas Kehutanan Balangan dan tokoh masyarakat Kecamatan Halong.

Kapolsek Halong Iptu Krismanto mengatakan, penanaman sebanyak 100 bibit pohon terdiri dari 50 bibit pohon Angsana dan 50 Bibit pohon Tanjung.

“Aksi penghijauan ini atas perintah Kapolri untuk melaksanakan penanaman bibit pohon di seluruh Indonesia,” ujar dia.

Berita Lainnya
1 dari 852
Loading...

Pohon tersebut ditanam seperti di kawasan area Polres hingga Polsek wilayah Kabupaten Balangan. Selain itu, juga ditanam di daerah yang rawan longsor dan banjir.

“Makanya ditanam pohon yang agak keras, sehingga populasi pohon yang tinggi akan jadi lumbung air dan bisa menahan terjadinya longsor,” ucapnya.

Iptu Krismanto mengatakan, kegiatan penanaman itu dilakukan secara bertahap oleh anggota Polsek Halong Polres Balangan, dengan melibatkan unsur Muspika, TNI tokoh masyarakat, hingga relawan lingkungan.

“Mudahan pohon yang ditanam agar bisa memberikan manfaat jangka panjang, dan bisa menyumbang oksigen,” ujarnya.

Selain itu anggota gabungan ini juga melakukan pemasangan tenda. Dan tenda itu sebagai bentuk kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana yang dilakukan oleh Polres Balangan bersama Polsek jajaran.

“Kegiatan tersebut merupakan agenda Operasi Kontijensi Kepolisian Terpusat Aman Nusa Intan II tahun 2020. Tujuannya, untuk mendeteksi dan siaga, jika ada potensi bencana di wilayah masing-masing,” pungkasnya. (fik/K-4)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya