Setiap Desa Miliki Satu Bidan

Pelaihari, KP – Kadinkes Tanah Laut Hj Nina Sandra membantah sempat dikabarkan ada desa yang tidak memiliki bidan desa, Namun sebutnya sempat ada desa yang ditinggal oleh bidan desa yang pulang ke Jawa namun sudah terisi kembali.

Dalam penyampaian Hj Nina Sandra di ruang Kepala Dinas Kesehatan Selasa (28/01) mengatakan memang benar ada desa yang dtinggalkan bidan ketempat lain, tetapi hal tersebut sudah bidan pengganti yang datang setiap empat hari dalam seminggu ke sana

Bidan PTT tersebut terangnya sudah bertugas di Desa Batakan, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut sesuai surat perintah melaksanakan tugas pertama pada Januari 2020.

Kadinkes Tala menyebut bahwa ada sudah ada kesepakatan antara Kades dan aparat desa untuk meminta setiap bidan khusus menetap di desa.

Nina menjelaskan bahwa bidan diatur sesuai kebutuhan di puskesmas, namun jika kepala desa menginginkan lebih maka bisa diusulkan ke Dinkes dengan ketentuan penggajian sesuai kesepakatan bersama.

Berita Lainnya

Paman Birin Berikan Apresiasi ke Politala

1 dari 1.181
Loading...

“Selama ini berdasarkan penilaian kami bidan desa sudah terpenuhi semua, sudah satu desa satu bidan,” ucapnya.

Kades Batakan Asrani mengatakan memang tiga bulan lalu bidan desa Batakan pulang ke Jawa dan meninggalkan Desa Batakan, namun bidan desa digantikan dengan didatangkan bidan dari Desa Tanjung Dewa, Kecamatan Penyipatan.

“Sekarang sudah ada bidan desanya yang kita usulkan,” tuturnya.

Pihaknya, ujar Arsani, terpaksa mengusulkan bidan desa tambahan lantaran Desa Batakan memiliki jumlah penduduk terbanyak di antara sepuluh desa di Kecamatan Panyipatan.

“Ada sekitar 6.000 penduduk jadi perlu bidan desa khusus seperti bidan yang pergi ke Jawa itu,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya bidan desa tambahan maka pelayanan kesehatan di desanya bisa benar-benar terpenuhi. (rzk/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya