Tapin Peroleh Kualitas B SAKIP

Rantau, KP – Pemerintah kabupaten Tapin kini kembali dapat penilaian kualitas B pada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2019.

Laporan keuangan dan kinerja instansi pemerintah Kabupaten Tapin Tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Tapin kembali mendapatkan predikat B. Pada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), penyerahannya berlangsung di Hotel Inaya Putri Bali, Kawasan Wisata Nusa Dua, Senin (27/1) lalu. Predikat ini diraih secara dua kali berturut-turut.

Diraihnya predikat B ini berkat kerja keras Pemerintah Kabupaten Tapin yang terus berusaha untuk meningkatkan nilai SAKIP, bahkan Pemkab Tapin sudah mengadakan penilaian kepada SOPD yang ada.

Penyerahan nilai SAKIP sendiri diserahkan oleh Deputi Akuntabilitas dan Pengawasan Pemberdayaan Aparatur Kementerian PAN dan RB, Yusuf Atieh kepada Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor yang selanjutnya menyerahkan kembali kepada Bupati Tapin, Drs. HM. Arifin Arpan, MM.

Kabupaten Tapin sendiri masuk wilayah II yang meliputi Provinsi Bali, DKI Jakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara, Kalimantan dan Lampung.

Berita Lainnya

Lensa Foto Tapin

Bendungan Pipitak Jaya Tapin Siap Diairi

1 dari 1.130
Loading...

Adapun nilai SAKIP adalah merupakan integritas dari sistem perencanaan, sistem penganggaran, sistem pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Deputi Akuntabilitas dan Pengawasan Pemberdayaan Aparatur Kementerian PAN dan RB, Yusuf Atieh, menyampaikan bahwa hasil perolehan SAKIP tahun 2019, yakni 1 provinsi dengan predikat AA, 6 provinsi dengan kategori BB, 22 provinsi dengan kategori B dan 1 provinsi dengan kategori C.

“Sedangkan untuk Kabupaten atau Kota dan 10 daerah yang kategori A, 54 daerah dengan kategori BB, 220 daerah dengan kategori B, 130 daerah dengan kategori CC, 87 daerah dengan kategori C dan 5 daerah dengan kategori D,” ucapnya.

Sementara itu Bupati Tapin, HM Arifin Arpan mengungkapkan predikat ini berkat usaha bersama untuk meningkatkan SAKIP. “Dengan predikat B ini maka kinerja kita semua sudah membuktikan semakin lebih baik,” Ungkapnya.

Menurut bupati Tapin lagi bahwa predikat ini akan terus dipertahankan, dan kalau perlu kita tingkatkan lagi agar kedepannya SAKIP Tapin lebih baik lagi.

“Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik maka kedepan akan terus kita dorong dan berikan semangat lagi kepada SOPD, agar melakukan indikator kerja yang ada, sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wabup Tapin,” pungkasnya. (ari/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya