ABG Geng ‘Imak Pantau’, Modus Pinjam dan Rampasan

Mereka bikin Geng diberinama Imak Pantau. Menjalankan aksinya di wilayah Kota Banjarbaru dengan barang bukti 6 unit sepeda motor.

BANJARMASIN, KP – Dari hasil Operasi (Ops) Jaran Intan 2020, jajaran Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel), bermacam pelaku dari kawanan ABG yang punya geng, modus pinjam dan lainnya terungkap.

Kasusnya digelar, Kamis (20/02/2020) dipimpin Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani, di depan Mako Dit Reskrimum.

Ketika itu bersama Wakapolda, Brigjen Pol Aneka Pristafuddin, Direktur Reskrimum, Kombes Pol Sugeng Riyadi, beserta Pejabat Utama (PJU) lainnya.

Kapolda mengatakan Operasi Jaran Intan 2020, merupakan operasi ke wilayahan yang dilaksanakan selama 12 hari dari 7 Februari sampai dengan 18 Februari 2020.

Selama operasi ini, menangkap 147 pelaku kejahatan curanmor, penggelapan ranmor serta penadah hasil kejahatan ranmor.

Berikut dengan 212 unit barang bukti berupa sepeda motor dan mobil.

“Pada Ops Jaran Intan 2020, mengalami peningkatan tersangka dari 140 pada Tahun 2019.

Untuk jumlah barang bukti ranmor mengalami penurunan dari Tahun 2019 sebanyak 219 unit menjadi 212 unit pada tahun 2020,” jelasnya.

Operasi difokuskan untuk mengungkap terhadap pelaku curanmor di wilayah hukum Polda Kalsel.

Berita Lainnya

Operasi Zebra Intan Berlangsung 14 Hari Ke depan

Bhabinkamtibmas Berangas Barat Luncurkan Buku

1 dari 938

Disebutkan, dari 147 orang yang diamankan terdiri dari 65 orang TO (Target Operasi) dan 82 Non TO.

“Semuanya ditetapkan sebagai tersangka dan masih dalam proses penyelidikan,” tambah kapolda.

Kapolda menghimbau masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi kejahatan pencurian kendaraan bermotor.

Selain itu, bila masyarakat membeli kendaran bermotor pastikan surat menyuratnya sah dan jelas asal usulnya, sehingga menghindari terjadinya tindak pidana kejahatan kendaran bermotor.

Pada kesempatan itu pula, kapolda melakukan penyerahan pengembalian barang bukti secara simbolis kepada Siska (27) warga Jalan Rajawali, Kelurahan Basirih Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan berupa 1 unit Mobil jenis Suzuki Ertiga yang sebelumnya dibawa kabur

Dari jumlah pelaku kejahatan itu, yang cukup memprihatinkan ada yang masih ABG (Anak Baru Gede).

Mereka bikin Geng diberinama Imak Pantau. Menjalankan aksinya di wilayah Kota Banjarbaru dengan barang bukti 6 unit sepeda motor.

Salah satu tersangka dari 11 anggota Geng Imak Pantau, FH (15), mengaku nekad mencuri hanya untuk digunakan balapan liar.

Sedangkan Direktur Reskrimum (Polda Kalsel), Kombes Pol Sugeng Riyadi mengatakan, jajarannya terus melacak sindikat pelaku curanmor lainnya.

Pada pengungkapan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dari hasil operasi, melibatkan kekuatan 132 personil, termasuk yang ada di kewilayahan

”Tidak menutup kemungkinan dari hasil pemeriksaan nanti berkambang ke sidikat lainnya,” ujarnya. (K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya