Ansharuddin Buka Workshop Penyusunan LKj dan PK

Paringin, KP – Dalam rangka mewujudkan manajemen pemerintahan yang efektif, transfaran dan akuntabel sebagai bentuk tata kelola pemerintah yang baik diperlukan upaya integrasi perencanaan, penganggaran dan manajemen kerja, adalah melalui akuntabilitas kinerja dengan penyusunan perjanjian kinerja dan laporan kinerja. 

Demikian disampaikan Bupati Balangan H Ansharuddin dalam arahannya pada pada workshop penyusunan laporan kinerja (LKj) pemerintah Daerah Kabupaten Balangan 2019 dan Perjanjian Kinerja (PK) kabupaten balangan 2020 bertempat di Hotel Rattan Inn Banjarmasin (23/02) kemarin.

Dikatakan pula, sebagai bagian integral dari pengembangan sumber daya manusia, workshop ini memiliki peranan yang strategis dalam pembangunan suatu daerah, hal ini menunjukan kuatnya hubungan antara workshop sebagai sarana pengembangan SDM dengan tingkat perkembangan sebuah Daerah yang ditunjukan oleh berbagai indikator ekonomi dan sosial budaya.

PESERTA – Workshop penyusunan LKJ dan PK ikuti dan dengarkan apa yang disampaikan narasumber. (KP/Ist)

Orang nomor satu di Bumi Sanggam itu mengatakan bahwa berdasarkan hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja instansi pemerintah tahun 2019 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kabupaten Balangan meraih nilai 65,49 sudah pada posisi ‘B’. Penilaian itu, lanjutnya, menunjukan tingkat efektifitas dan efisiensi menggunakan anggaran masih rendah jika dihubungkan dengan capaian kinerja.

Berita Lainnya

Ansharuddin Serahkan 100 Rumah Hasil Bedah Rumah

1 dari 1.227
Loading...

“Workshop yang dilakukan selama dua hari merupakan langkah awal dalam upaya untuk menerapkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Intansi Pemerintahan (SAKIP) secara intensif. Workshop ini akan mereview kembali rumusan unsur-unsur kunci dalam perencanaan sebagaimana tertuang dalam RPJMD 2016-2021,” tukasnya.

Lebih lanjut Bupati berharap, Peserta Diklat agar mampu berkontribusi positif terhadap pencapaian kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan yang lebih baik dan akuntabel sesuai dengan kaidah-kaidah penyusunan Laporan Kinerja.

Sementara Kepala Bagian Organisasi Setdakab Balangan, Ernawati SSTP MM melaporkan Kegiatan workshop penyusunan laporan kinerja (LKj) pemerintah Daerah Kabupaten Balangan 2019 dan Perjanjian Kinerja (PK) kabupaten Balangan 2020 ini dilaksanakan dari 22 sd 24 Februari 2020. Peserta yang mengikuti workshop kepala SKPD, Sekretaris dan kabid teknis pemangku Indikator kinerja utama (IKU) kabupaten Balangan dan PK 2019, dengan tujuan agar terbangun komitmen, konsistensi, persepsi dan keseriusan yang lebih baik dari pimpinan dan pejabat daerah dalam penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Dalam workshop ini langsung dimonitoring dan dievaluasi penyusunan Dokumen laporan kinerja (LKj) 2019 dan Penyusunan Perjanjian kinerja (PK) oleh bapak 

Sulkan,SH. MM selaku Tim Asistensi Reformasi Birokrasi kemnterian PAN RB RI menyampaikan, bahwa sekarang ini penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2019 sudah mendapatkan nilai B, namun diharapkan kedepannya Pemkab Balangan ini bisa lagi meningkatkan nilainya yang lebih baik (tinggi, red) lagi.

“Kami sebagai narasumber akan memandu bagaimana memperbaiki  beberapa koreksi yang sudah dipahami untuk diperbaiki supaya laporan kinerja semakin tahun semakin berkualitas dan akuntabilitas,” imbuhnya. (jun/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya