Bupati H Ansharuddin Hadiri Haulan KH Tarmiji ke 26

Paringin, KP – Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Haulan KH Tarmiji bin KH Sa’alahudin ke-26 tahun ini yang dilaksanakan di Desa Nungka kecamatan Awayan, Rabu (19/02/2020) dihadiri Bupati Balangan H Ansharuddin, Wakil Ketua I DPRD Balangan H Abdul Hadi dan para Habaib, alim ulama serta ribuan jemaah haulan dari berbagai daerah.

Prosesi haulan diawali dengan pembacaan maulid al-habsyib, membacaan ayat ayat suci Al Qur’an dan pembacaan manaqib KH Tarmiji bin KH Sa’alahudin.

Dari pembacaan maqib diketahui, KH Tarmiji Bin KH Sa’alahudin adalah ulama kharismatik dan  Pendiri Pondok Pesantren Darul Ulun yang sekarang menjadi Madrasah Tsanawiyah Bihara. Dimasa hidupnya KH Tarmiji menjalani hidup sangatlah sederhana dan selalu merasa cukup, selain itu ia juga istiqamah setiap ke masjid selalu datang lebih awal.

Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian tausyiah oleh Habib Muhammad Asegaf. Disampaikannya, bahwa jamaah yang berhadir dalam haulan ini patut bersyukur. Sekarang ini kita banyak kehilangan pemimpin umat (para ulama) untuk menuju ke jalan keridhaan Allah SWT.

“Untuk itu bersyukurlah kalian masih memiliki tuan guru yang masih bisa dijadikan panutan hidup,” ujar Habib Muhammad Asegaf.

Usai tausyiah dilanjutkan dengan pembacaan surah yasin dan tahlil yang dipimpin KH Muhammad Bakhiet bin KH Ahmad Mughini atau biasa dipanggil Guru Bakhiet pengasuh Pondok pesantren dan majelis Ta’lim Nurul Muhibbin.

Berita Lainnya
1 dari 1.234
Loading...
RIBUAN JEMAAH – Haulan ke 26 KH Tarmiji Bin KH Sa’alahudin padati lapangan, di Desa Nungka Kecamatan Awayan, Rabu (19/02/2020). (KP/Ist)

Bupati Balangan Ansharuddin, merasa beryukur dapat hadir pada haulan KH Tarmiji Bin KH Sa’alahudin, karena dapat berkumpul dengan para habaib dan ulama, serta masyarakat yang berhadir di haulan itu.

“Hal ini tentunya akan berdampak baik bagi hubungan tali silaturahmi,  dengan menghormati ulama dan Habaib banua kita lebih berkah apalagi adanya pondok pesantren yang mampu meningkat perkembangan ke agamaan di kabupaten Balangan yang kita cintai,” katanya.

Ansharuddin mengajak masyarakat  untuk meneladani kiprah almarhum KH Tarmiji Bin KH Sa’alahudin. ajaran para ulama telah terbukti darma baktinya.

Menurutnya, jasa para ulama telah terbukti untuk masyarakat. Maka pantas untuk dikenang dan diteladani segala upaya yang telah dilakukan dengan penuh keikhlasan, salah satunya telah dibuktikan KH Tarmiji Bin KH Sa’alahudin yang sampai saat ini dikenang dan berhasil mendirikan pondok pesantren dan berkembang menjadi Madrasah Tsanawiah Bihara di kecamatan Awayan.

Dimemontom ini orang nomor satu di Balangan mengajak untuk  meninggalkan sekat-sekat perbedaan dengan membuang segala kesempitan pandangan dan cara berpikir yang tidak sesuai dengan ajaran agama.

“Mari kita berikan sumbangan terbaik kepada bangsa dan negara kita terkhusus untuk Kabupaten Balangan, baik untuk saat ini maupun untuk generasi berikutnya,” pungkasnya. (jun/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya