Iklan
Iklan
Iklan
MartapuraTRI BANJAR

Bupati Minta BPD Terus Bersinergi dengan Pembakal

×

Bupati Minta BPD Terus Bersinergi dengan Pembakal

Sebarkan artikel ini
LANTIK BPD - Bupati Khalilurrahman melantik dan mengambil sumpah anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Banjar.

‘Martapura, KP – Bupat KH Khalilurrahman melantik dan mengambil sumpah anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Banjar masa jabatan 2020-2026. Pelantikan yang diikuti 1399 orang berasal dari 277 desa dari 20 kecamatan di Kabupaten Banjar ini dilaksanakan di halaman Kantor Bupati, Selasa (18/2).

Bupati mengatakan, BPD merupakan wakil masyarakat yang dipilih secara langsung dari keterwakilan wilayah dan keterwakilan perempuan.

Android

”BPD secara umum mempunyai kewenangan, membahas perencanaan desa bersama Pembakal, pelaksanaan peraturan desa, mengusulkan dan mengangkat serta mengundurkan kepala desa,” ujarnya.

Juga membentuk panitia pemilihan kepala desa, serta menjaring, menghimpun, menampung, merumuskan masukan dari masyarakat dan melakukan pengawasan terhadap kinerja kepala desa.

”Dalam implementasinya, tugas tersebut jangan terlalu berlebihan, tapi harus berlandaskan norma dan undang-undang,” pesannya.

Guru Khalil pun meminta, bekerjalah dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, berdasarkan tugas dan kewenangan jabatan sebagai BPD, sehingga bersama Pembakal dapat bersinergi dalam pengelolaan dana desa agar transparan serta bisa dipertanggungjawabkan sesuai peraturan berlaku.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Syahrial menambahkan, 1399 anggota BPD terpilih yang dilantik tersebut terdiri dari 20 kecamatan, 277 Desa se Kabupaten Banjar, setiap desa terdiri 5 orang dan terbanyak 9 orang, dengan total 1022 laki-laki dan 377 perempuan.

Hadir Sekdakab Ir HM Hilman, unsur Forkopimda, para Kepala SKPD, Camat dan Kepala Desa. (wan/K-5)

Iklan
Baca Juga:  2024 Ini Progam Urban Farming Bakal Masuk Pesantren
Iklan