Bupati Tapin Hadiri Rakoornas Penanggulan Bencana Di Bogor

Rantau, KP – Bupati Tapin Drs HM Arifin Arpan,MM bersama dengan kepala Pelaksana Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapin H. Said Abdul Nasir Hadiri Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat di Centul Internasional Convention Center, Bogor, Jawa Barat belum lama tadi.

Kegiatan yang mengangkat tema “Bencana Urusan Bersama” dibuka secara langsung oleh presiden RI Ir H Joko Widodo, yang dihadiri oleh 10.000 undangan yang terdiri dari kepala daerah, kepala BPBD maupun kepala pelaksana BPBD seluruh Indonesia, serta unsur pentahelix, yaitu pemerintah, akademisi, dunia usaha, masyarakat dan media massa, termasuk TNI/ Polri.

Berbagai arahan disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo diantaranya, Seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah harus bersama-sama, bersinergi untuk upaya pencegahan, mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan.

Setiap gubernur, bupati dan wali kota harus segera menyusun rencana kontinjensi termasuk penyediaan sarana dan prasarana kesiapsiagaan yang dapat betul-betul dilaksanakan semua pihak dan harus siap menangani bencana secara tuntas.

Berita Lainnya
1 dari 1.128
Loading...

penanggulangan bencana harus dilaksanakan dengan pendekatan kolaboratif, “Pentahelix” yaitu kolaborasi antara unsur pemerintah, akademisi dan peneliti, dunia usaha, masyarakat, serta dukungan media massa untuk dapat menyampaikan pemberitaan kepada publik. Terakhir Pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus meningkatkan kepemimpinan dan pengembangan sumberdaya manusia yang handal dalam penanggulangan bencana.

Sementara itu Bupati Tapin seusai kegiatan menyampaikan akan segera menindaklanjuti arahan yang telah disampaikan Presiden RI, namun beberapa hal telah kita kerjakan seperti saling koordinasi antar semua Instansi yang ada di Kabupaten Tapin.

“Alhamdulilah untuk sarana dan prasarana sendiri saat ini di Kabupaten Tapin khususnya di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tapin sudah memadai,” jelasnya

Bupati Tapin pun berharap bahwa di Tapin dapat terhindar dari bencana baik itu banjir maupun tanah longsor, untuk itu dirinya berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat agar bersama – sama menjaga lingkungan seperti buang sampah pada tempatnya, jangan kesungai karena dapat membuat sungai mampet.

“Mari bersama – sama menjaga lingkungan disekitar kita masing – masing agar tidak terjadi bencana di Kab Tapin,” pungkas Bupati Tapin. (rel/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya