Dukcapil Kota Palangka Raya Dukung Suksesnya Sensus Penduduk 2020

Palangka Raya, KP- Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palangka Raya, H. Afendie mengatakan untuk sementara dirinya hanya meneruskan kebijakan dari pejabat lama yang dimutasikan menjadi Staf Ahli Walikota Palangka Raya, katanya.

Karena dia ( H. Afendie ) yang sebelumnya adalah Kepala Dinas Koperasi dan UMKM kota Palangka Raya ini, baru dilantik menjabat Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Dukcapil) kota ini pada tanggal 4 Februari 2020 lalu, katanya kepada media ini Senin (24/2) diruang kerjanya.

Karena adanya Program Pemerintah dalam tahun ini diadakan Sensus Penduduk secara online, maka pihaknya harus bekerja cepat bahkan bila perlu harus dilemburkan, kata Afendie, untuk mengejar target tersebut dalam pelayanan pendistribusian Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik.

Dia, mengakui banyak sekali tunggakan pekerjaan yang harus diselesaikan, apalagi menyangkut sebuah KTP seseorang, karena segala sesuatu pasti mempergunakan KTP, terutama dalam seseorang berusaha serta sebagai bukti identitas diri seseorang, katanya.

Dengan seseorang tidak memiliki KTP, sulit dibayangkan kalau yang bersangkutan untuk berusaha, maupun bekerja, tambah Afendie. Dan ia tidak ingin, seseorang tidak memiliki KTP (identitas diri) mengalami hambatan, katanya.

Berita Lainnya
1 dari 593
Loading...

Dijelaskan, bahwa blanko KTP sudah tersedia sebanyak 14.000 buah dan akan didistribusikan ke- 5 Kecamatan di Kota Palangka Raya ini, yaitu Kecamatan Pahandut, Kecamatan Jekan Raya, Kecamatan Sebangau, Kecamatan Bukit Batu dan Kecamatan Bukit Batu, katanya.

Untuk Kota Palangka Raya sendiri, sesuai data Dinas Kependudukan pada semester II ( dua) bahwa ada 266.000 jiwa penduduk kota Palangka Raya sedangkan penduduk wajib memiliki KTP adalah 189.314 jiwa.

Penduduk kota Palangka Raya yang harus memiliki KTP adalah masyarakat/penduduk yang sudah berusia 17 tahun keatas dan bagi yang sudah menikah, sebanyak 191.681 jiwa yang artinya hamper terpenuhi.

Afendie yakin, kalau Sensus Penduduk 2020 online ini akan sukses sesuai target dan rencana pemerintah pusat maupun daerah karena tersinkronisasi serta terkoneksi, katanya.

Hal demikian terbukti pelayanan yang diberikan, kepada wartawan KP yang sekaligus memperbaiki kesalahan cetak KTP lama dan dilayani dengan cepat tepat dan selesai hari itu juga. Sukses buat Dukcapil kota Palangka Raya. (yld/k-10)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya