Jelang Haul Guru Sekumpul, RS Raza Tambah Bed

Martapura,KP – RSUD Ratu Zalecha (Raza) Martapura bakal menambah 10 bed di IGD menjelang Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul.

Hal ini diutarakan Direktur RS Raza dr Tofik Norman Hidayat, Jumat (21/2/2020), di Martapura.

Puncak haul ulama besar di Martapura ini akan diselengarakan, Minggu (1/3/2020) yang diprediksi dihadiri jutaan jamaah dari berbagai daerah, baik dalam maupun luar Kalsel, bahkan dari mancanegara.

Untuk mengantisipasi jamaah yang memerlukan penanganan kesehatan, RS Raza juga menyiapkan RS Lapangan di Simpang Empat Galeri Alzahra Sekumpul dari hari Sabtu, 29 Februari hingga Senin, 2 Maret, dengan menyediakan 10 bed, tenaga medis dan paramedis yang terlatih serta didukung peralatan minimal mini ICU, obat-obatan dan ambulance. “Diharap dengan adanya RS Lapangan ini dapat membantu jamaah yang mengalami masalah kesehatan dengan cepat sekitar Kubah Sekumpul,’’ jelas Tofik.

RS RAZA juga akan menerima rujukan dari semua posko kesehatan haul yang tersebar di sejumlah tempat.

Berita Lainnya

LPTQ Banjar Matangkan Kadernya 2 Bulan

Kasus Covid Menurun, Tapi Prokes Jangan Kendor

1 dari 1.183
Loading...

“Makanya kita akan menambah 10 bed di IGD, juga tambahan tenaga shift jaga,’’ terangnya.

Setidaknya sebanyak 110 personil yang akan ditugaskan, baik itu untuk RS Lapangan dan IGD RS, terdiri dari 21 orang tenaga medis, 48 tenaga paramedis dan sisanya petugas lainnya, seperti sopir, perlengkapan dan manajemen.

Tofik berharap agar setiap posko kesehatan haul dapat menangani masalah kesehatan ringan, jangan langsung merujuk ke rumah sakit, karena jalur evakuasi menuju RS Raza tidak dapat diprediksi, mengingat padatnya jamaah.

“Kami juga mengimbau kepada seluruh jamaah, agar tidak memaksakan diri apabila kondisi kesehatannya kurang baik dan bagi yang memiliki penyakit kronis agar membawa obat-obatan yang biasa rutin dikonsumsi,’’ pesannya.

Mengenai pembiayaan pelayanan kesehatan bagi jamaah haul, baik rawat jalan maupun inap, tambahnya, akan ditanggung Pemkab dan Pemprov bagi yang tidak memiliki kartu jaminan kesehatan. (wan/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya