Lomba Baduta Diharapkan Tingkatkan Anak Cerdas

Amuntai, KP – Ketua Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Hj Annisah Rasyidah Wahid berharap melalui lomba bayi dibawah dua tahun (baduta) diharapkan akan semakin mendorong untuk meningkatkan kecerdasan anak.

“Lomba ini merupakan langkah penting untuk mendorong upaya mempersiapkan sumber daya manusia sehat, cerdas, dan handal untuk meraih masa depan yang gemilang”, ujar Anisah saat membuka lomba Baduta yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan (dinkes) setempat belum lama tadi.

Berita Lainnya

Kegiatan Sapta Pesona di Cagar Budaya Candi Agung

10 ODJG di HSU Terima Bantuan

1 dari 1.162
Loading...

Ketua TP PKK mengatakan, lomba bertujuan agar orang tua memahami pentingnya ASI bagi kesehatan anak dan balita. Pemberian ASI Eksklusif kepada bayi merupakan langkah awal dalam membentuk generasi penerus bangsa yang cerdas dan sehat. Kedekatan antara ibu dan anak pun terwujud melalui pemberian ASI Eksklusif ibu kepada bayinya.

Karena itu, adanya kegiatan lomba tahunan seperti ini diharapkan dapat memacu kesadaran dan menambah keterampilan ibu-ibu tentang bagaimana membentuk anak balita yang sehat dan cerdas. Salah satunya dengan memberikan menu yang bergizi, beragam, berimbang, dan aman.

Sementara itu Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes HSU, Eddy Hariannoor, mengatakan lomba Baduta ASI Sehat diadakan setahun sekali diikuti dua orang perwakilan dari setiap Puskesmas di wilayah Kabupaten HSU. Dengan kategori Ibu Pekerja dan Ibu tidak pekerja (ibu rumah tangga).

Lomba ini juga bertujuan untuk menilai seberapa besar pemenuhan gizi anak, apakah sudah sesuai dengan proporsi tumbuh kembang anak. “Kita sudah memiliki Peraturan Daerah tentang ASI eksklusif, jadi kami mengimbau agar bayi 0 sampai 6 bulan hanya mendapatkan ASI saja, di atas 6 bulan baru mendapatkan makanan pendamping ASI,” kata Eddy. (nov/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya