BUMDesa Berkah Mulia Terbaik di Tala

Pelaihari, KP – BUMDesa “Berkah Mulia” menggelar musyawarah laporan pertanggungjawaban tutup buku tahun 2019 di Gedung Serbaguna desa Bukit Mulia, Rabu (12/2/2020).

Musyawarah tersebut dihadiri Bupati Tanah Laut H Sukamta, Camat Kintap Eko Trianto, Sekretaris Camat Kintap Wisnu Kuntarto, Kepala Desa Bukit Mulia Suparno, para pimpinan perusahaan serta masyarakat.

Pelaksana Operasional BUMDesa Berkah Mulia, Zaenal Arifin menjelaskan bahwa BUMDes Berkah Mulia didirikan pada tanggal 01 Oktober 2016. Dan bertujuan untuk meningkatkan usaha ekonomi desa, mewadahi pelaku ekonomi desa dalam usaha bersama yang produktif, mengoptimalkan aset desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat, melindungi masyarakat dari mata rantai perdagangan yang tidak sehat dan tidak berpihak pada masyarakat serta meningkatkan pendapatan masyarakat dan pendapatan asli desa (PAD) berdasarkan hasil usaha bersama.

Sukamta mengatakan bahwa di Tala ada sekitar 80 BUMDes, tetapi yang bisa memberikan sumbangan pendapatan paling besar untuk desa adalah BUMDes Berkah Mulia. Hal itu menunjukkan BUMDes Berkah Mulia secara bisnis, sudah bekerja dengan baik.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada perusahaan – perusahaan yang telah berpartisipasi memberikan pelajaran kepada BUMDes Berkah Mulia sehingga BUMDes tersebut bisa menghasilkan keuntungan,” ucapnya.

Sukamta pun berharap BUMDes Berkah Mulia menjadi pilar pendapatan dari desa. “Tentu banyak unit – unit pekerjaan yang bisa diberikan kepada BUMDes untuk sebagai pelaksana,” tutur Sukamta.

Bahkan ia memimpikan BUMDes kedepan mampu menjadi Perseroan Terbatas (PT). Sehingga nanti BUMDes bisa mengambil salah satu unit pekerjaan yang ada di perusahaan sekitar.

Sementara itu BUMDes Berkah Mulia memiliki 8 unit usaha, yakni diantaranya unit usaha kebun sereh wangi, unit usaha agen BNI-46, unit usaha pengelolaan air bersih (KP-SPAM PAMSIMAS), unit usaha pengelolaan pasar desa, unit usaha peternakan kambing, unit usaha jasa konstruksi, unit usaha kandang ayam petelur dan unit usaha keramba ikan.

Lebih lanjut ia mengungkapkan terkait rencana unit usaha baru BUMDesa Berkah Mulia kedepannya yaitu pihaknya berkeinginan memiliki unit usaha pengolahan karet setengah jadi, unit usaha agen BRILink, unit usaha nursery dan buah segar, unit usaha konveksi pakaian, unit usaha katering dan unit usaha fotokopi serta ATK.

Pada kesempatan tersebut juga turut diserahkan sisa hasil usaha dana sosial BUMDes Berkah Mulia berupa paket sembako kepada para warga desa Bukit Mulia. Juga pembagian SHU untuk pendapatan asli desa, bonus pelaksana operasional dan bonus pengawas. (rzk/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...