Sejumlah Desa Di Balangan Terendam Akibat Luapan Air Sungai.

Paringin, KP – Akibat curah hujan yang tinggi mengguyur wilayah Balangan, tidak cuma Desa Lingsir yang terendam akibat luapan air sungai, juga terdapat di 4 Kecamtan lainnya yang ada di Kabupaten Balangan ikut terndam.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Balangan Muhammad Syuhada mengukapkan bahwa Desa Sungai Katapi RT.1, air menggenangi beberapa rumah warga , selain itu di Haur Batu Kelurahan Paringin Kota RT.13 air sungai meluap akibatnya beberapa rumah terndam tepatnya di Kecamatan Paringin.

Selain itu air juga menggenangi jalan dan pemukiman warga di Desa Lalayau ,Desa Mihu dan Desa Bata Kecamatan Juai.

“serta juga di Desa Baruh Panyambaran juga terdampak air menggenangi jalan dan pemukiman warga, Selain itu juga luapan air sungai yang bertempat di Desa Hauwai Rt. 2 air menggenangi jalan kurang lebih sepanjang 75 meter dengan ketinggian air kurang lebih 1 meter berada di kecamatan Halong,” ujar Syuhada kepada awak media, Rabu (05/02).

Berita Lainnya
1 dari 282
Loading...

Tidak cuma itu luapan air sungai di Desa Hauwai juga mengakibatkan satu buah jembatan gantung akses masyarakat menuju kebun miring akibat air naik hingga sisi jembatan.

“Dampak maluapnya air sungai tersebut juga mengakibatkan jalan terndam sehingga tidak bisa dilalui oleh ruda 2 dan 4,”jelasnya

Disebutkannya, untuk kondisi debit air sungai saat ini masih mengalami kenaikan di karena kan air sungai Balangan meluap dan, Apabila di daerah pegunungan diguyur hujan kembali ,kemungkinan debit air akan bertambah serta air sungai akan mengalami kenaikan.

“Dari beberapa lokasi terjadi luapan air sungai baik itu yang menggenangi rumah warga dan merndam jalan tidak ada yang membahayakan warga setempat, dan sudah ada beberapa lokasi yang terndam akibat luapan air dan genangan air sudah surut dan muali mengering,” imbuhnya. (Jun/KPO-2)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya