Songsong Pulpis Bebas Sampah, Camat dan Warga Bergotong Royong

Pulang Pisau, KP – Untuk mewujudkan Pulang Pisau bebas sampah di tahun 2020, Camat Kahayan Hilir , Sugondo bersama warga bergotong royong melaksanakan kegiatan Jumat Bersih , Jumat (7/02/2020).

” Kegiatan Jumat bersih ini dalam rangka menindak lanjuti instruksi Bupati Pulpis H. Edy Pratowo bahwa gotong royong dimasa sekarang ini mulai memudar, oleh karena itu menurutnya semua Kecamatan harus menghidupkan kembali, ” kata Sugondo

Instruksi tersebut, kata Sugondo, dengan tujuan yakni melestarikan dan menghidupkan warisan Leluhur kita yaitu dengan Gotong Royong, berupaya mewujudkan Pulpis Bersih dari Sampah dan memotiwasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk meraih Adipura, serta mengajak kepada masyarakat untuk menerapkan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) untuk membersihkan Lingkungan sekitar rumahnya dengan 3 M, dan 4) Agar ada kebersamaan antara lintas sektoral Kecamatan Kahayan Hilir dengan masyarakat.

Sementarara, Lurah Kalawa Endra Setiawan menambahkan, pihaknya melaksanakan jum’at bersih, dimana tujuannya untuk menggugah masyarakat kelurahan untuk membangkitkan semangat gotong royong, dimana sekarang ini menurutnya semangat gotong royong mulai berkurang.

Berita Lainnya
1 dari 500
Loading...

” Tujuan lain, sasaran pelaksanaan gotong royong yaitu jalan lingkungan dan draenase dilingkungan kelurahan kalawa, apalagi sekarang sudah memasuki musim penghujan, diharapkan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan masing-masing, terutama jangan membuang sampah semabarangan, walaupun dikelurahan kalawa belum ada Tempat Pembuangan Sementara (TPS), di harapkan masyarakat melaksanakan 3 M, menguras, menutup dan mengubur,” bebernya.

Dia mengharapkan, kegiatan tersebut bisa dilaksanakan secara rutin dan dilaksanakan seluruh masyarakat, baik kelurahan maupun desa di Kabupaten Pulpis secara serentak, sehingga masyarakat Kalawa khususnya mendukung apa yang menjadi program Pemerintah Daerah, dan dalam rangka menuju Pulpis Bersih dan bisa meraih Adipura.

” Pada tahun 2020 ini, sarana dan prasarana, terutama saluran pembuangan atau draenase, dan fasilitas pendukung kegiatan gotong royong misalnya gerobak sampah dapat di maksimalkan,” tandasnya (sgt)

Camat Kahayan Hilir Sugondo bersama warga keluarahan Kelawa membersihkan sampah dalam rangka mewujudkan Pulpis bebas sampah 2025. (bs/K-10)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya