Sungai Meluap, Puluhan Rumah di Desa Benangin Terendam Banjir

BANJIR – Akibat meluapnya sungai Tewe dan Sungai Benangin puluhan rumah terendam banjir yang berada di Desa Benangin I, II dan V. (kp/asa)
349

Muara Teweh, KP – Derasnya hujan yang terjadi di Kabupaten Barito Utara (Barut) menyebabkan terjadinya banjir di Desa Benangin I, II dan V, Desa Benangin, Kecamatan Teweh Timur, Sabtu (8/2). Sungai tewe dan sungai Benangin, ditambah lagi kiriman air dari Lampeong menyebabkan 67 rumah warga terdampak.

Luapan air sungai yang merendam Desa Benangin V ketinggian air bervariasi antara 20 sentimeter hingga 160 sentimeter yakni Jalan Lutik dengan ketinggian air dari badan jalan kurang lebih 50-70 centemeter yang mengakibatkan 2 rumah terendam, Jalan Demang Pati ketinggian air dari badan jalan 20-160 cm, rumah terendam 30 rumah.

Sementera, Jalan 76, dengan ketinggian air dari badan jalan mencapai 20-100 cm, rumah yang terendam sebanyak 15 rumah. Jalan Prangkau merendam 5 buah rumah dan Jalan Kaka Tudan sebanyak 15 rumah.

Hal ini diungkapkan Danramil 1013-04/Bng Lettu inf Jinal, Sabtu (8/2) lewat telp seluler. Menurutnya, banjir diakibatkan terjadinya hujan lebat yang melanda wilayah tersebut pada hari Jumat menyebabkan air cepat naik. Hingga pada hari Sabtu air sungai masuk ke permukiman warga. Beruntung tidak lama air menggenangi rumah warga, dini hari Minggu (9/2) air sudah mulai surut.

Dijelaskannya, walaupun banjir melanda di desanya, namun aktivitas masyarakat masih berjalan normal. Bagi warga yang terendam terpaksa mengungsi ketempat keluarga dan ada sebagian bertahan di loteng rumahnya.

Dihimbau kepada masyarakat untuk mengantisipasi dan siaga air naik ke perkampungan. (asa/K-10)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...