Trotoar Rusak di Jalan Belitung Bakal Diperbaiki

Banjarmasin, KP – Trotoar di sepanjang Jalan Belitung Laut, Kelurahan Belitung Selatan, Banjarmasin mengalami kerusakan di beberapa titik, kerusakan sebagian besar terdapat pada keramik dan guiding block yang retak.

Menanggapi hal tersebut, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina menjanjikan akan dilaksanakan pemeliharaan, salah satunya memperbaiki kerusakan di sejumlah titik trotoar Jalan Belitung Laut. Tentunya, menyesuaikan dengan trotoar baru di sepanjang Jalan Ahmad Yani yang baru-baru ini diresmikan.

“Yang di Belitung Laut ini kita akan lakukan pemeliharaan di titik-titik yang harus disesuaikan lagi seperti kemiringannya,” ungkapnya.

Menurutnya, trotoar yang terdapat di Jalan Belitung Laut tersebut dikerjakan pada tahun 2015 lalu. menurutnya, trotoar ini menggunakan bahan keramik lama dan dinilai belum ramah difabel meskipun dilengkapi dengan guiding block.

Berita Lainnya
1 dari 1.385
Loading...

“Itu masih menggunakan tehel yang licin. dan belum ramah difabel walaupun sudah ada guiding block nya,” ujarnya.

Ibnu memaparkan, ketika awal pembangunan tahun 2015 lalu, trotoar di Jalan Belitung Laut merupakan percobaan awal trotoar ramah difabel.”Tentu, Pemko minta masukan dari komunitas penyandang difabel soal trotoar ramah difabel itu,” bebernya.

Diceritakannya, pada saat itu ia meminta masukan dari teman-teman PPDI (Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia) termasuk uji coba trotoar Belitung, kemudian terdapat pula masukan soal kemiringan 30 derajat, lebar trotoar dan warna guiding block.

Adapun, pengerjaan trotoar yang rampung pada tahun 2016 lalu di Jalan Belitung Laut itu dilaksanakan oleh Dinas Bina Marga Kota Banjarmasin. anggaran sebesar Rp25 miliar pun dikucurkan untuk pengerjaan trotoar sepaket dengan pelebaran dan peningkatan Jalan Belitung Banjarmasin Barat. (zai/kpo-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya