Forkopimda Patroli Gabungan, Klaim Warga Banjarmasin Taat Aturan

Banjarmasin, KP – Guna mencegah penyebaran Virus Covid-19 atau Corona di Banjarmasin semakin meluas, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banjarmasin, menggelar patroli gabungan diseputaran kota Banjarmasin, pada Jumat (27/3) malam.

Patroli kali ini diikuti langsung oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, Dandim 1007 Banjarmasin Kolonel Anggara Sitompul, Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan dan Wakapolresta Banjarmasin AKBP Sabana Atmojo. Selain itu juga terlihat Ketua Tim Gugus Tugas P3 Covid-19 Kota Banjarmasin, Machli Riyadi, Kepala Dishub Banjarmasin Ichwan Noor chalik, dan Kepala BPBD Kota Banjarmasin Muhammad Hilmi.

Ratusan anggota gabungan yang terdiri dari Polisi, TNI, Satpol PP, dan Dishub Kota Banjarmasin juga dikerahkan.Anggota gabungan tersebut dibagi menjadi dua regu untuk menyusuri seluruh titik-titik yang biasa menjadi tempat keramaian yang ada di kota seribu sungai itu.

Dimulai dari halaman Mapolresta Banjarmasin, regu patroli yang diikuti langsung oleh walikota Banjarmasin, Dandim 1007 Banjarmasin, dan Kapolresta Banjarmasin itu menyusuri Jalan Ahmad Yani, Pramuka, Veteran, Pangeran Hidayatulah, Sultan Adam, Adiyaksa, Brigjen Hasan Basri, Let Jend S Parman, M T Haryono, Pangeran Samudra, Lambung Mangkurat, dan kembali ke Jalan Ahmad Yani untuk kembali ke Mapolresta Banjarmasin.

Menurut Dandim 1007 Banjarmasin Kolonel Anggara Sitompul, warga kota Banjarmasin saat ini sudah mulai terlihat menjaga jarak dengan menghindari kerumunan-kerumunan yang biasa berkumpul di suatu titik. Hal itu disampaikannya, setelah dirinya selesai ikut berkeliling kota Banjarmasin pada malam itu.

“Kita harapkan ke depan kegiatan seperti ini bisa terus kita laksanakan, agar bisa mengedukasi masyarakat. Sehingga paling tidak kota Banjarmasin ini bisa cepat melalui wabah yang sedang terjadi,” ucapnya.

Berita Lainnya
1 dari 2.177

Ia juga menambahkan, kegiatan secara terpadu dan sinergi tiga pilar dari unsur Pemerintah Kota, Kepolisian dan TNI malam itu untuk berpatroli, melihat, sambil menghimbau kepada seluruh warga Kota Banjarmasin agar betul-betul menyadari dan memahami bagaimana upaya-upaya menanggulangi penyebaran Covid-19 secara terpadu.

Meskipun saat ini warga kota sudah terlihat tidak ada lagi yang berkumpul disatu titik, Anggara Sitompul tetap mengakui masih ada beberapa warung-warung yang masih menyajikan makanan yang berpotensi mengumpulkan orang-orang. Oleh sebab itu mereka sempat singgah di tiga titik untuk memberikan himbauan kepada pedagang.

“Jadi kita himbau, jika ada pembeli bisa dibungkus saja agar bisa kembali kerumah. Karena bagaimanapun juga memang perekonomian harus tetap berjalan dengan baik, tapi himbauan juga harus dipahami oleh semua warga kita agar penyebaran virus ini bisa diminimalisir,” tukasnya.

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina juga menghimbau kepada salah satu pemilik usaha yang sempat di singgahinya agar tidak menyediakan wadah atau tempat untuk orang berkumpul.

“Boleh saja buka, asal tidak menyediakan tempat untuk orang berkumpul seperti ini. Kalau ada yang beli, lebih baik dibungkus sehingga mereka langsung pulang kerumah,” tuturnya.

Wakapolresta Banjarmasin, AKBP Sabana Atmojo juga mengklaim warga kota sangat patuh dengan aturan yang diberlakukan pemerintah dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus Covid 19.

“Alhamdulillah semuanya berjalan dengan baik. Baik bagi kita semua dan khusunya warga Kota Banjarmasin, karena dibutuhkan kerjasama yang baik. Meskipun kita tidak lock down kota ini, akan tetapi kita bisa me lock down hati kita,” ujarnya. (vin/K-5)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya