Jamaah Haul Guru Sekumpul Terus Mengalir

Martapura, KP – Hingga sore hari sampai petang, ribuan jamaah haul guru Sekumpul terus berdatangan hingga penuhi kawasan Sekumpul Martapura, Sabtu (29/02/2020) hingga petang.


Ini merupakan malam pertama pelaksanaan Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul. Puncak haul dilaksanakan Minggu (1/3) malam besok.


Kawasan Masjid Pancasila dan Simpang Empat Sekumpul penuh oleh jamaah yang datang dari berbagai penjuru.


Berdasarkan pantauan KP, jamaah dari Banjarmasin menuju Martapura terus mengalir sejak siang kemarin.


Usai sholat dhuzur, Jalan A Yani dari Banjarmasin mulai Pal 6 terlihat padat dilalui pengendara motor maupun roda empat. Untuk pengendara motor mereka rata-rata memakai baju koko dan berkain sarung atau busana muslim.

Berita Lainnya
1 dari 1.038


Terkadang mereka berhenti di rest area yang disediakan masyarakat untuk beristirahat sejenak. Dari kawasan Kertak Hanyar, Gambut, Landasan Ulin, Guntung Payung, banyak rest area yang bisa disinggahi jamaah guna melepas lelah sebentar sebelum meneruskan perjalanan menuju Sekumpul.


Sementara pada kawasan Sekumpul, jamaah terus berduyun-duyun menuju ke Kompleks Ar-Raudhah menjelang waktu sholat Ashar. Untuk jamaah laki-laki berkerumun di depan pintu gerbang. Tim Posko Induk lalu membuka sedikit pintu gerbang yang cukup untuk satu orang, ini bertujuan agar jamaah sabar, disiplin saat antrian masuk.


Sementara suasana sebagian dari ratusan dapur umum Haul Guru Sekumpul Ke 15 menyambut kedatangan jamaah yang diperkirakan mencapai jutaan orang, terlihat sangat sibuk dengan aktifitas memasak.


Data dari Dinas Penernakan dan Perkebunan Banjar, hampir 200 ekor sapi disembelih untuk kebutuhan konsumsi jamaah.


”Sampai saat ini terdata 184 ekor sapi dan delapan ekor kambing. Hewan yang akan dipotong ini sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan guna memastikan bahwa layak untuk dikonsumsi jamaah,’’ tandas Kadis Peternakan Ir Dondit Bekti.


Dondit mengatakan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan pos induk Sekumpul, dimana saja titik-titik pemotongan dan ini harus didatangi satu persatu, namun pihaknya menjamin sapi-sapi yang dipotong dalam keadaan sehat. (Wan/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya