Ketahanan Pangan Sektor Pertanian Terus Ditingkatkan Di Bartim

Tamiang Layang, KP – Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas mengatakan, ketahanan pangan pada sektor pertanian terus ditingkatkan, dan saat ini berkolaborasi dengan Komando Distrik Militer (Kodim) 1012 Buntok.

“Luasa lahannya sekitar dua hektar akan ditanami jagung dan tanaman sejenisnya oleh anggota TNI dari Kodim 1012 Buntok,” kata Ampera AY Mebas, senin ( 9/3 )

Menurutnya tanah tersebut merupakan hasil pengadaan tahun 2019 yang tujuannya sebagai lahan untuk pembangunan Kodim di Kabupaten Bartim. Karena masih dalam proses yang memerlukan waktu, lahan tersebut ditanami holtikultura seperti jagung.

Tanaman jagung tersebut merupakan bagian strategi demonstration plot atau demplot, yakni sebagai penyuluhan pertanian kepada petani. Tujuannya agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap tanaman jagung yang dikembangkan tumbuh hingga panen.

“Pemkab Bartim melalui Dinas Pertanian setempat membantu bibit dan menyiapkan penyuluh untuk mengawal bercocok tanam hingga panen,” kata Ampera lagi.

Berita Lainnya
1 dari 486
Loading...

Dandim 1012 Buntok Letkol Inf Tuwadi mengapreasi langkah dan kebijakan Bupati Bartim Ampera AY Mebas yang berkolaborasi mengembangkan dan meningkatkan ketahanan pangan di Bartim sebagai daerah penyangga ibu kota negara baru dari Provinsi Kalteng.

“Tanaman utamanya yakni jagung dan sejenis buah-buahan dan sayur-sayuran, bisa seperti tomat maupun lombok,” kata Tuwadi.

Untuk bercocok tanam hortikulturatersebut, anggota TNI yang baru bergabung menjadi personel Kodim 1012 Buntok akan ditempatkan di Bartim. Personel TNI tersebut akan menerima arahan dan petunjuk dari penyuluh dan tim Dinas Pertanian Bartim.

“Hal ini sudah dikordinasikan dengan Dinas Pertanian Bartim, bahwa personel kita akan dibantu tim teknis dinas dan penyuluh untuk bercocok tanam nanti. Saat ini , kita sedang melakukan pembukaan lahannya terlebih dahulu dengan metode buka lahan tanpa bakar,” kata Tuwadi.

“Untuk lahannya masih dalam proses hibah. Setelah akta hia diterima, maka usulan pembangunan Kodim akan kita disampiakan secara resmi ke Mabes TNI AD di Jakata melalui Kodam XII Tanjung Pura,” demikian Tuwadi. (vna/K-10)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya