Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE

Seorang Jamaah Meninggal, 1.098 Terinput di Data Sehat Haul Guru Sekumpul

×

Seorang Jamaah Meninggal, 1.098 Terinput di Data Sehat Haul Guru Sekumpul

Sebarkan artikel ini

Martapura, KP – Innalilahi wa inna illaihi rojiun, seorang jamaah meninggal dunia, sebelum malam puncak Haul ke-15 Al’Allamah KH Muhammad Zaini Bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul.

Dari keterangan, jamaah itu meninggal pada Sabtu malam (29/2/2020) atasnama Ny Aisyah (63) beralamat tinggal di Jalan Simpang Limau RT 001/002 Sungai Lulut Banjarmasin Timur.

Sementara untuk cek kesehatan, ditangani ada 1.098, yang terinput di Data Sehat Haul Guru Sekumpul.

Kabid Dokkes Polda Kalsel,Kombes Pol dr Erwinn Zainul Hakim, MARS, M.H.Kes, melalui Iptu Supriadi, membenarkan adanya seorang jamaah yang meninggal tersebut.

”Jamaah itu meninggal sekitar pukul 23.45 WITA,” ujarnya.

Dari posko, jamaah itu dari posko, kemudian dibawa meninggal dunia saat di IGD RSUD Idaman Jalan Trikora Banjarbaru.

Disebut, pasien pada awalnya menginap di rumah salah satu keluarganya di Komplek Sekumpul.

Dan dibawa  ke Posko Kesehatan 8 di Jalan Pendidikan.

“Pasien penurunan kesadaran ketika kondisi datang’ Kemudian tim membawa ke IGD RSUD Idaman, dinyatakan meninggal dunia sekitar pukul 23.45 WITA,” tambahnya.

Dikatakan Supriadi, hasil laboratorium  pasien itu mengidap Hipoglikemia (gula darah rendah) dan rencana mau dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin, namun Allah berkehendak lain.

Sementara di sisi lain, Tim medis di Posko Kesehatan diperkuat personil Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Kalsel, terus disibukan dengan melakukan cek kesehatan jamaah yang datang ke posko-posko.

Hingga Sabtu (29/2/2020) malam, disebut ada sebanyak 1.098 jamaah telah terinput di Data Sehat Haul Guru Sekumpul. Jamaah yang mendapatkan pelayanan kesehatan itu beragam keluhan sakit.

Dikatakan saat ini jumlah tenaga kesehatan dan relawan kesehatan dikerahkan sebanyak 1.800 orang yang bersiaga di 123 Posko Kesehatan. Kemudian ada 53 ambulan, 11 perahu karet, dan 14 rumah sakit rujukan.

Baca Juga:  Kasus Baru 87 Orang, Pasien Sembuh 90 Orang

Dalam pelayanan kesehatan Haul Guru Sekumpul tahun ini, Dokkes Polda Kalsel dan Urkes Polres jajaran menerjunkan sekitar 70 personel termasuk armada ambulan yang disiagakan. (K-2)

Iklan
Iklan