Distributor Mengaku Kesulitan Mendapatkan Gula

Banjarmasin, KP – Belum masuknya gula impor jenis kristal putih dan raw sugar ke Indonesia dan Kalsel khususnya membuat pelaku distributor gula di Kalsel kelimpungan mencari di Pulau Jawa.

Ketua Asosiasi Gula Bersatu Kalsel H Aftahuddin mengakui, sudah sejak beberapa pekan ini pihaknya kesulitan mencari gula lokal di Pulau Jawa, padahal permintaannya oleh masyarakat dan pelaku usaha sudah mulai tinggi.

“Bahkan beberapa hari lalu kita cari di Jatim kosong, ini lagi kita usahakan dapat dari daerah Jakarta. Semoga bisa dapat karena saat ini permintaan oleh masyarakat dan pelaku usaha sangat tinggi,” ujarnya, Selasa.

Saat ini saja untuk harga gula ditingkat distributor sudah menyentuh Rp16.800 perkilo apalagi dipasar tradisional melambung lagi.

Sedangkan untuk stoknya sendiri hanya berkisar diangka 150 sak, stok tersebut hanya cukup untuk memenuhi permintaan selama 1 sampai 2 hari kedepan saja lagi.

Berita Lainnya
1 dari 455
Loading...

“ Semoga saja bisa dapat tambahan stok baru lagi apalagi jelang bulan puasa, ini juga kita lagi upayakan untuk meminta Pemprov Kalsel agar bisa menyurati Kemendag supaya memprioritaskan Kalsel dalam pendistribusian gula lokal maupun impor agar harganya dipasaran bisa segera turun,” ungkapnya.

Hal ini menurutnya penting, mengingat jika kondisi ini terus berlanjut maka dipastikan harga gula akan terus melambung dipasaran.

Bahkan kemungkinan besar gula pasir dapat menyentuh angka Rp18.000 perkilo sama dengan 5 tahun silam ditingkat distributor.

“Semoga ini tidak terjadi kembali, karena ini jelas sangat merugikan masyarakat dan para UMKM jualan dipasar wadai,” tambahnya.

Kepala Dolog Kalsel Arif Mandu membenarkan jika kondisi stok gula Kalsel digudang Km 17 lagi kosong dan pihaknya bersama Dinas Perdagangan sudah menyurati pusat agar gula segera disuplay apalagi ini jelang puasa permintaan gula sangat tinggi dari biasanya.

Ady penjual sembako di Pasar Lama, untuk harga gula kemasan biasa dijual Rp19.000 karena membeli sejak distributor besar sudah mahal apalagi gula pasir kemasan bermerk seperti Rose Brand lebih mahal lagi harganya sedangkan merk Gulaku lagi kosong. (hif/K-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya