Para Seni di Kalsel ‘Curahkan’ Idenya

Banjarmasin, KP –Tidak hanya pemerintah, ulama dan lainnya selama ini sosialisasikan masalah penyebaran dan antisipasi virus Corona (Covid-19).

Namun, para seni Mural di Kalimantan Selatan (Kalsel) inipun, sosialiasikan dengan ‘curahkan’ idenya melukis pada dinding tembok yang kosong sifatnya permanen di pemukiman warga.

Seperti halnya di Komplek Cempaka Putih Jalan Kuripan Banjarmasin Timur.

Dari pantauan, Jumat (10/4), lukisan itu sudah mencerahkan bagian dinding yang selama ini kusam di kawasan itu.

Yakni dengan tulisan “Fight (pertarungan) Covit-19”.“Sejak Rabu (8/4) malam lalu di kerjakan dan hanya sebentar, semua sudah selesai.

Berita Lainnya
1 dari 877
Loading...

Saya tahu katanya itu dibuat pelukis dari Banjarbaru,” ucap Dani, warga setempat.

Diketahui Mural adalah bentuk seni lukis atau menggambar di atas media dinding atau tembok yang sifatnya permanen.

Namun mural tidak cuma berbentuk tulisan saja. Mural sifatnya lebih bebas. Biasanya karya-karya seni mural lebih sering berbentuk gambar. Namun kadang gambarnya berkonsepkan dengan isu sosial masa kini.

Diketahui pula pengertian mural menurut bahasa yaitu mural berasal dari bahasa latin yaitu dari kata “Murus” yang berarti dinding.

Secara luas pengertian mural adalah menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau media luas lainnya yang bersifat permanen.

Jadi, lukisan atau gambar apapun yang dibuat pada media permanen seperti lantai, meja, langit-langit itu juga termasuk ke dalam Mural. (K-2)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya