Ringankan Tugas Tenaga Medis dengan Berdiam di Rumah

Kandangan, KP – Masyarakat dapat membantu meringankan tugas tenaga medis di rumah sakit dengan tetap berada di rumah, sesuai imbauan pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Hal itu dipesankan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brigjen H Hasan Basry Kandangan Rasyidah, dalam siaran persnya beberapa waktu lalu.

Rasyidah berharap masyarakat mematuhi imbauan baik pemerintah, aparat keamanan, maupun MUI untuk mencegah penyebaran Covid-19. Hal itu ujarnya,  memang sudah sesuai dengan standar medis, bahkan dengan begitu juga turut membantu tenaga medis, yang berada di lini depan untuk menjaga keselamatan bersama.

Ia mengimbau masyarakat untuk membantu tenaga medis dengan tetap berada di rumah, mematuhi aturan dengan menjaga jarak atau. Hal itu ujarnya, sama dengan membantu selamatkan nyawa tenaga medis dan masyarakat HSS.

“Kalau banyak pasien datang ke RSUD Kandangan dengan Covid 19, sementara semua perawat dengan kondisi APD yang dimiliki terbatas, sama dengan bunuh diri, jadi tetaplah di rumah, dan pihaknya siap melayani masyarakat,” ujarnya, saat memberikan keterangan pers beberapa waktu lalu.

Berita Lainnya
1 dari 1.206
Loading...

Dijelaskannya, APD sekarang sulit untuk dicari dan tidak tersedia cukup, karena dari pusat sedikit dan rebutan dengan dengan yang lainnya. “Kami bukan tidak mau merawat, tapi akan kami berusaha memberikan maksimal perawatan,” ucapnya, yang didampingi Jubir Gugus Tugas Penangangan Covid-19 Isa Ansori dan perwakilan perawat UGD RSUD Kandangan.

Menurutnya, perlu kepedulian dan kepatuhan bersama agar penyebaran virus corona dapat diputus mata rantainya. Dicontohkannya, seperti anak-anak diliburkan dan orang tua menjaga di rumah, jangan sampai dibiarkan bersosialisasi di luar.

“Saat ini corona adalah virus yang sangat berbahaya, baik di Jakarta maupun belahan di dunia terjadi penularannya dikarenakan ketidakpatuhan masyarakat atas aturan dan imbauan, maka penyebarannya sangat cepat,” katanya.

Ditambahkan dia, pencegahan penularan terhadap anak dan orang tua dilakukan, karena kelompok di usia ini yang rentan tertular virus Corona Covid-19, dan sekali lagi ini mengingatkan agar masyarakat HSS dapat membantu tenaga medis dengan dengan tetap di rumah

Rasyidah berpesan, masyarakat tetap mematuhi aturan dan imbauan menyikapi status tanggap darurat di HSS, termasuk apa yang menjadi kaidah-kaidah teknis dalam medis. Salah satunya, menjaga jarak minimal satu meter atau lebih dengan siapapun, karena virus corona dapat menyerang orang tanpa bergejala dan tidak mesti harus sakit.

Dia mencontohkan penularannya, semisal bermula dari batuk yang menutup dengan tangan, dan virus ini akan mengenai daerah-daerah disentuh yang kemudian dipegang orang lain, sehingga akan menularkan virus tersebut. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya