Dewan Provinsi Sarankan Bansos Untuk Lansia Diantar Langsung

314

Palangka Raya, KP.– Guna proses penyaluran bantuan sosial (bansos), khususnya bagi para penerima yang lanjut usia (lansia), ada baiknya disalurkan secara langsung, oleh petugas yang menyalurkan bansos ke rumah-rumah atau dimana tempat lansia itu berada.

Hal ini tersebut adalah atas pertimbangan, karena mengingat mereka yang berusia lansia juga sebagai kelompok rentan tertular virus Corona.

“Jadi sebaiknya, bansos tersebut bisa diantarkan secara langsung oleh petugas pembagi, kepada calon penerima yang lansia, ” jelas Kuwu Senilawati, saat dibincangi para awak media, Selasa (19/5) di Gedung Dewan jalan S. Paman Palangka Raya.

Wakil Rakyat Kalteng DapiI I ini, meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas kembali menjelaskan, para penerima yang lansia, perlu mendapat perhatian dan perlakuan khusus dari pemda setempat, terlebih lagi mengingat keterbatasan gerak langkahnya di usia lanjut serta di usia lanjut itu sangat rentan terpapar oleh virus corona, katanya.

Berita Lainnya

BLT untuk Seruyan Diserahkan

“Saat ini, bansos dari pemerintah daerah, berupa Bantuan Sosial Tunai (BST) dampak pandemi COVID-19, maupun bansos berupa kebutuhan bahan pokok, dilakukan secara langsung, sehingga masyarakat akhirnya berbondong-bondong untuk mengantri mengambil bansos,” ungkap Kuwu menambahkan, kasihanlah mereka.

Dijelaskan Sekretaris Komisi III DPRD Provinsi Kalteng yang membidangi Kesejahteraan Rakyat (Kesra), meliputi Pendidikan, Kesehatan dan kepariwisataan ini, mekanisme penyaluran yang dilakukan tersebut, tidak menjadi masalah apabila diterapkan untuk masyarakat yang berusia produktif atau yang masih memiliki daya gerak yang masih baik.

Namun lain halnya, bagi calon penerima yang berusia lansia yang memiliki keterbatasan kemampuan fisik dan gerak, sehingga akan sulit bagi para lansia, untuk ikut mengantri dalam pengambilan Bansos tersebut.

“Saya rasa sangat tidak etis, apabila kaum lansia yang memiliki keterbatasan kemampuan fisik dan gerak, disuruh ikut mengantri saat dilaksanakannya penyaluran bansos,” katanya.

Seharusnya petugas penyaluran bisa memperhatikan hal ini dan alangkah lebih baik apabila bansos untuk kaum lansia bisa diantarkan langsung ke rumah,” pungkasnya. (yld/KP)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya