Kantor Pos Salurkan BST ke 5.522 KPM

Paringin, KP – Bupati Balangan, H Ansharuddin secara simbolis kembali menyerahkan Bantuan Sosial Tunai (BST) periode April-Juni 2020, dari Kementerian Sosial kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdampak Covid-19, di Kantor Pos Paringin, Selasa (12/05/2020).

Penyerahan BST yang dilakukan bupati kepada salah satu KPM disaksikan Kepala Dinas Sosial, Kepala Kantor Pos Paringin, perwakilan dari polisi dan TNI.

Diketahui, Kantor Pos Paringin sebagai salah satu penyalur BST dari Kemensos, akan menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp 600 ribu per KPM yang jumlahnya kurang lebih sebanyak 5.522 KPM dan tersebar disejumlah kecamatan.

Bupati H Ansharuddin berterima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan pemerintah pusat kepada masyarakat kabupaten Balangan.

“Terima kasih saya ucapkan kepada pemerintah pusat dalam hal ini Menteri Sosial, untuk pemberian di bulan baik ini. Mudah mudahan menjadi kebaikan bagi kita semua dan semoga wabah Covid-19 ini cepat berlalu,” kata Bupati.

Ansharuddin juga menyampaikan, pemerintah tidak hanya memberikan BST, tetapi juga ada beberapa bantuan lainnya seperti program sembako reguler, PKH, Bansos sembako Covid-19 dan BLT DD.

“Saya berharap dengan adanya berbagai bantuan, tidak terjadi tumpang tindih penerima bantuan,” ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 280
Loading...

Bupati menyarankan, uang yang diterima warga yang berhak menerima ini, benar benar dipergunakan untuk keperluan sehari hari seperti dibelikan beras dan kebutuhan pokok lain.

“Belanjakan bujur bujur duit yang diterima tadi lah, tukarkan  kabaras, minyak dan kebutuhan yang pokok lainnya, kalu cukup gasan sabulan. Yang kada parlu kada usah ditukar,” ujar Anshar.

Orang nomor satu di Balangan yang juga sebagai Ketua Tim Gugus Tugas penanganan Covid-19 Balangan menghimbau kepada warga masyarakat terutama para penerima bantuan untuk membantu upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Antara lain senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak (physical distancing), dirumah saja dan mengindari kerumunan serta selalu memakai masker saat beraktivitas khusus diluar ruangan.

“Pandemi Covid-19 ditengah bulan suci Ramadhan hendaknya semakin meningkatkan iman dan ketaqwaan kepada Allah SWT, meningkatkan rasa empati dan simpati terhadap sesama,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Balangan, Ribowo menjelaskan, BST ini merupakan bagian perlindungan pemerintah kepada warga yang terdampak Covid-19.

“Bansos tunai ini lebih ditujukan bagi masyarakat yang belum pernah mendapatkan bantuan dari Kemensos,” ujarnya.

BST merupakan salah satu program dalam jaring pengaman sosial sesuai dengan keputusan Menteri Sosial tentang pelaksanaan bantuan sosial sembako dan bantuan sosial tunai dalam penanganan dampak covid-19. Dan BST adalah bantuan berupa uang yang diberikan kepada keluarga miskin, tidak mampu dan kelompok rentan yang terkena dampak covid-19, yang belum menerima bansos reguler, yakni program keluarga harapan (PKH) dan program sembako.

“Diharapkan dengan adanya BST ini masyarakat bisa bertahan di masa covid-19,” pungkas Ribowo. (jun/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya