PSBB Banjar, Operasional Pasar Akan Diatur

Martapura, KP – Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Banjar, Kadinkes dr Diauddin mengatakan, pemberlakuan PSBB di Kabupaten Banjar rencananya digelar Sabtu (16/5) besok mulai pukul 00.00 WITA.

Awalnya pihak Pemprov mengingingkan PSBB di Bumi Barakat sudah digelar Rabu (13/5) atau paling lambat Kamis (14/5) pagi, namun setelah rapat koordinasi dengan mempertimbangkan segala sesuatunya, termasuk persiapan posko-posko pada pelaksanaan nanti, akhirnya diputuskan PSBB diberlakukan Sabtu pukul 00.00 WITA.

”Poin PSBB sendiri sebenarnya tidak jauh beda dengan saat ini, hanya saja lebih diperketat, terutama di perbatasan, tidak sembarangan masyarakat bisa melintas, kecuali untuk hal penting” kata Diauddin, saat Vidcon, di Command Center Barokah, Martapura, Rabu (13/5) sore.

Untuk pasar tradisional, sambung Diauddin, tidak akan tutup total selama PSBB, namun bagaimana keputusannya, besok akan ada rapat lanjutan dengan dinas terkait, yakni PD Pasar serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Berita Lainnya

PKK Kalsel Beri 50 Ribu Masker Untuk Warga Banjar

Penerapan Prokes Covid-19 Rumah Ibadah Dievaluasi

1 dari 354
Loading...

”Pada rapat hari ini, banyak sekali masukan mengenai pasar tersebut. Termasuk usulan untuk pedagang yang berjualan barang yang sama agar bisa bergantian berjualannya,” tandasnya.

Dijelaskan Diauddin, berdasarkan keterangan PD Pasar, sebenarnya di lapak-lapak, pedagang yang berjualan sudah melaksanakan physical distancing dengan pembeli, namun yang jadi masalah adalah pembelinya yang kadang berkerumun, sehingga cukup rawan untuk kondisi saat ini.

”Bagaimana SOP nya mengenai pasar ini akan dirapatkan besok Kamis, apa saja strategi yang tepat selama PSBB nanti,” katanya.

Mungkin yang jadi masalah, sambungnya, adalah penjual-penjual dadakan yang banyak di pinggiran Jalan A Yani, ini yang akan diatur kemudian bagaimana penanganannya selama PSBB nanti.

”Kita semua berharap cukup 14 hari saja PSBB berlangsung, tidak tambah lagi. Kuncinya di masyarakat, kalau ini demi kebaikan bersama, maka harus disiplin, sehingga situasi sulit ini segera berakhir, sedang sampai saat ini kita tidak tahu kapan selesainya,” pungkasnya. (wan/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya