Akademisi Diminta Ikut Kawal Penanganan Covid-19

Banjarmasin, KP – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel, Muh Muslim mengatakan, pemerintah di daerah terus berkomunikasi dengan pakar dan akademisi untuk menekan laju penyebaran covid-19.

”Kami harap para pemerhati atau akademisi, seperti ikatan alumni kesehatan masyarakat, turun mengedukasi masyarakat. Diedukasi tentang New Normal,” ujarnya saat menjadi nara sumber web seminar dengan tema ”Fenomena New Epicentrum vs New Normal Life” yang digelar Prodi Kesehatan Masyarakat, Fakulas Kedokteran ULM bekerjasama dengan Ikatan Alumni Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Kalsel.

Muslim menambahkan, saat ini pemprov Kalsel terus berusaha menambah fasilitas di rumah sakit rujukan dan alat tes. Dia pun mengajak masyarakat bersama-sama memantapkan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang diinstruksikan Presiden tahun 2017.

”Kita sukseskan, karena melalui Germas inilah bisa menahan laju pandemi tersebut,” jelasnya.

Berita Lainnya

Metode pembelajaran Inovatif Kunci ABK

Guru dan Penulis Tanbu Apresiasi e-book iKalsel

1 dari 1.398
Loading...

Sementara itu dosen Promosi Kesehatan FK ULM, Adi Nugroho PhD menyampaikan seperti apa kehidupan di masa ”New Normal”. Menurutnya dibutuhkan sikap menerima hadirnya virus Covid-19 di sekitar manusia. Namun, virus itu tetap harus dikontrol oleh manusia.

”Di fase New Normal, kita harus legowo hidup dengan Covid-19 di sekitar kita. Tapi harus berada diposisi kita bisa mengontrol disease-nya, bukan sebaliknya,” pesannya.

Bagaimana caranya?, harus ada standar-standar baru yang diterapkan. Selain itu New Normal bukan pelonggaran dari PSBB, apalagi kita kembali kepada kebiasaan semula.

Dalam diskusi tersebut terkumpul dana sebesar Rp14,5 juta untuk didonasikan kepada tim gugus penanggulangan Covid-19 Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Jubir Presiden Fadjroel Rachman yang jadi salah satu narsum diskusi menyumbang Rp10 juta demi percepatan penanggulangan pandemi ini. (wan/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya