Balon Kepala Daerah Harus Yakinkan Parpol

Banjarmasin, KP – Bakal calon kepala daerah yang akan diusung partai politik dengan mengantongi surat tugas atau surat rekomendasi pencalonan, harus berani meyakinkan parpol lain yang akan menjadi koalisi di Pilkada 2020 mendatang ini.


“Saya kira bakal calon kepala daerah harus berani meyakinkan, baik dari parpol pengusung yang sudah memberikan surat rekomendasi atau surat tugas, maupun dari parpol yang akan dibidik untuk berkoalisi,” kata dosen FH Universitas Lambung Mangkurat M Yasir, Selasa (2/6).


Menurutnya, parpol dan bakal calon yang diberi tugas harus bersama-sama bekerja untuk mengkomunikasikan dan melakukan sosialisasi kepada parpol yang akan digandeng untuk menjalin kerjasama.

“Memang kebijakan parpol berbeda-beda dalam mengusung calon kepala daerah,” tambahnya.

Berita Lainnya
1 dari 116
Loading...


Sementara itu, Dekan FISIP Universitas Islam Kalimantan, Dr Murdiansyah menilai, parpol memiliki cara dan kebijakan dalam menentukan calon kepala daerah. “Salah satu patokan adalah hasil survey,” katanya singkat via telpon.


Di tempat terpisah Ketua Partai Demokrat Kalsel, H Rusian mengungkapkan, pihaknya memiliki mekanisme dalam penentuan bakal calon kepala daerah, dan salah satu calon Gubernur Kalsel Denny Indrayana yang sudah diberi surat tugas oleh DPP Partai Demokrat.


Dengan adanya surat tugas, maka harus melaksanakan komunikasi politik kepada partai politik agar dapat memenuhi syarat dukungan minimal 20 persen kursi untuk mengusung pasangan calon pada Pilgub mendatang.


“Juga mencari calon wakil gubernur Kalsel,” kata mantan Ketua DPRD Kota Banjarmasin.


Wakil Sekretaris DPW Partai NasDem Kalsel, HM Haris memastikan, calon yang diusung partai ditetapkan DPP dan pihaknya bersama calon yang ditunjuk akan melakukan komunikasi politik dengan partai lain agar memenuhi persyaratan dukungan untuk mendaftar ke KPU Kalsel.


“Rekomendasi DPP Partai NasDem berlaku hingga dikeluarkannya Surat Keputusan DPP Partai NasDem tentang persetujuan pasangan cagub Kalsel,” tutupnya. (hif/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya