Jemaah Kaltrabu tidak Ada yang Menarik Setoran Haji

Banjarmasin, KP – Manajer Operasional Umrah dan Haji PT Kaltrabu Indah Muhammad Arifudin mengungkapkan, sejak pemerintah melalui Kementerian Agama RI memastikan ibadah haji tahun 2020 ini resmi ditunda, tidak ada nasabahnya yang menarik setoran.

“ Alhamdulillah sejak adanya penundaan itu hingga saat ini dari 163 jemaah haji termasuk crew, pembimbing ibadah, dokter pendamping tidak ada jemaah yang menarik kembali BPIH walaupun dibolehkan,” sebutnya, kepada wartawan, Kamis.

Menurut informasi Kemenag Kalsel kepada seluruh calon jemaah haji yang tahun ini keberangtannya harus tertunda tetap mendapatkan porsi pada keberangkatan ibadah haji selanjutnya.

Penundaan tersebut berdampak terhadap seluruh nasib jemaah calon haji disebabkan akan terjadi antrian porsi daftar tunggu/waiting list yang semakin panjang.

Disebutkan, akibat kebijaksanaan ini, tidak ada pemasukan bagi perusahaan sedangkan operasional terus berjalan.

Sementara, Pembimbing Ibadah Kaltrabu Banjarmasin, Ust H Uria Hasnan Lc MA, menambahkan, terkait penundaan oleh Kementerian Agama nomor 494 tahun 2020 tentu sangat terimbas seluruh Perusahaan Ibadah Haji Khususnya pada Kaltrabu Indah.

Berita Lainnya
1 dari 457
Loading...

Ada tiga poin imbas penundaan ini seperti kouta tunggu jemaah haji khusus otomastis akan bertambah lagi ini imbas yang cukup besar tentunya, dengan penundaan ini oprasional perusahaan akan berdampak besar dan selanjutnya terkait persiapan keberangkatan yang matang.

“ Kami juga sudah matang persiapan haji khusus tahun ini siapkan deposit hotel, deposit transit Mekah ke Madinah,” jelasnya.

“Andaikata kemaren kami berangkatkan jemaah haji khusus kami sudah sangat siap dengan keadaan apapun, namun ternyata sekenerionya berbeda pemerintah menunda untuk menjaga kesehatan jemaah karena ini lebih bagus dan Kaltrabu mengikutinya,’’tutur Uria.

Terpisah, Kepala Kanwil Kementerian Agama Kalsel, Noor Fahmi kepada wartawan mengatakan, untuk kuota calon haji jemaah haji Kalsel tahun ini sebanyak 3.818 sedangkan yang sudah melakukan pelunasan Biaya “Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) sebanyak 3.529 calon haji jemaah haji

yang jelas calon jemaah haji yang tertunda tahun ini diprioritaskan tahun depan,” sebutnya.

Vivi Damayanti calon jemaah haji dari Sungai Andai kepada wartawan Kamis mengungkapkan, sebagai calon jemaah haji biasa ia merasa malu dengan tetangga dan teman-temanya karena tidak berangkat lagi tahun ini karena dirinya bersama suami sudah lama menyiapkan diri untuk berangkat haji tahun ini, ia berharap tahun depan berdua suami tetap sehat wall afiat saja dan dipanjangkan umur. (hif/K-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya