Semua Desa Diminta Persiapkan Diri Hadapi Karhutla

Pulang Pisau, KP – Menghadapi musim kemarau, bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) merupakan salah satu agenda penting yang menjadi atensi Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau. Mengingat, wilayah Kabupaten Pulang Pisau sebagian besar merupakan lahan gambut dan sangat mudah terbakar.

Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo mengintruksikan agar semua desa mempersiapkan diri menghadapi Karhutla. Baik dari mulai peralatan maupun Sumber Daya Manusia (SDM) di desa masing-masing.

“Mulai sekarang alatnya diperiksa. Masih berfungsi dengan baik atau tidak. Supaya ketika terjadi Karhutla langsung bisa ditanggulangi,” kata Edy, Jumat, (5/6).

Berita Lainnya

BPBD Gelar Rakor Penanganan Darurat Karhutla

1 dari 112
Loading...

Bupati menambahkan, suasana tahun ini memang agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Mengingat, saat ini semua daerah termasuk Pulang Pisau tengah menghadapi pandemi virus corona atau covid-19.

“Sehingga, ini menjadi tugas berat kita semua menanggulangi Karhutla ditengah pandemi covid-19,” ucap bupati.

Edy menegaskan, yang paling terpenting adalah pencegahan. Masyarakat jangan sampai membakar hutan atau lahan dan petugas juga masif memberikan imbauan kepada masyarakat.

“Kalau sampai Karhutla ini parah, maka akan berdampak cukup buruk bagi sejumlah aspek. Asap Karhutla ini juga berpotensi menyebabkan infeksi saluran pernapasan sehingga dapat mempercepat penyebaran covid-19,” tandasnya. (sgt/K-10)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya