Aplikasi E-Marketplace Sistem Order Semua Instansi di Ekspos

Pelaihari, KP – Bagian pengadaan barang dan jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Tanah Laut (Tala) membuat inovasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dalam bentuk aplikasi e-marketplace Sistem Order Semua Instansi Lingkup Pemerintah Kabupaten Tala (SosiaLita). Hal itu terungkap saat digelarnya ekspos dasar aturan pengadaan barang dan jasa SosiaLita di Ruang Barakat Setda Tala, Rabu (8/7/2020).

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Ayu Roswyda mengatakan, pihaknya mencoba menerjemahkan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Tala. Khususnya pada pengembangan perekonomian di Tala. Salah satunya yakni menjadikan industri kecil menengah (IKM) sebagai salah satu penyedia dalam pengadaan barang dan jasa sesuai dengan aturan pengadaan barang dan jasa yang tidak hanya dari APBD namun juga dari APBDes.

“Nantinya aplikasi ini juga bisa dipakai oleh BLUD dan BUMD yang pada akhirnya akan menjadi marketplace yang mengambil dari pasar biasa menjadi pasar elektronik hingga pada akhirnya bisa menjadi sumber pendapatan asli daerah untuk Kabupaten Tala,” terang Ayu.

Ia pun menjelaskan bahwa aplikasi tersebut sama hal nya seperti berbelanja online saja. Tidak ada pejabat pengadaan, hanya pejabat pembuat komitmen (PPK), penyedia dan bendahara.

Senada dengan hal yang sama, Sukamta menginginkan adanya upaya-upaya untuk membangun perekonomian di Kabupaten Tala. Seperti menghidupkan perekonomian para pengrajin sasirangan di Tala.

Berita Lainnya

Lensa Foto Tala

H Sukamta Buka Kegiatan Tera Alat UTTP

1 dari 195
Loading...

Dirinya pun mengajak para aparatur sipil negara (ASN) dilingkup Pemerintah Kabupaten Tala untuk menggunakan sasirangan khas Tala tersebut sebagai upaya memajukan ekonomi para pengrajin sasirangan.

Seiring pihaknya juga telah meluncurkan Gapura Karomah yang menjadi salah satu kebijakan ekonomi pemerintah daerah sebab menurutnya ada sebuah ruang kosong yang tidak dilayani oleh Bank Konvensional.

“Alhamdulillah Gapura Karomah juga sudah menunjukkan kinerja yang sangat baik,” terangnya.

Sukamta meyakini IKM di Tala akan produktif dan mampu menyerap belanja pemerintah dengan hadirnya program aplikasi SosiaLita tersebut. Selain itu dengan adanya program Sosialita, ia yakini IKM di Tala menjadi taat pada peraturan perundang-undangan.

“Artinya multiplayer efek kegiatan ini diharapkan benar-benar terjadi peningkatan usaha IKM dan peningkatan penerimaan daerah tanpa membebani rakyat,” ujarnya.

Bahkan ia mengatakan, ditengah Pandemi Covid-19 saat ini, ekonomi Tala masih bagus. Terbukti dengan target laba BPR yang terlampaui dari target semester pertama. (rzk/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya