Gubernur: Produk Pangan Kalteng Harus Bersaing dengan Daerah Lain

Untuk bisa bersaing dengan produk pangan dari daerah lain, yang harus dijaga adalah kualitas dan kuantitasnya. Petani harus konsisten dan mengoptimalkan produknya, agar para mampu berkontribusi dalam program food estate di Provinsi Kalteng.

PALANGKA RAYA, KP — Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran, Jum’at (24/7) pagi meresmikan Pasar Tani Berkah yang digelar di halaman Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah (TPHP Prov. Kalteng).

Pasar Tani Berkah menyediakan produk pertanian berkualitas dengan harga terjangkau langsung dari petani atau pelaku usaha sayur, buah segar dan produk olahan, dengan melibatkan Kelompok Tani Mejar Jaya, Tanjung Pinang Palangk Raya.

Pasar resmi beroperasi mulai tanggal 24 Juli 2020 sampai dengan 21 Agustus 2020, setiap hari Jumat Pukul 07.00 – 11.00 WIB. Belanja apa saja di pasar ini akan mendapatkan bonus aneka produk petani. Pelayanan di pasar ini tetap mengikuti anjuran Pemerintah untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19 dengan menjaga jarak dan menggunakan masker saat berbelanja.

Gubernur H. Sugianto Sabran berharap, bergarap kedepan produk pangan Kalteng dapat bersaing dengan Daerah lain, dengan menjaga kualitas dan kuantitasnya. Sugianto mendorong petani konsisten dan terus mengoptimalkan produknya, agar para petani mampu turut berkontribusi dalam program food estate di Kalteng.

Berita Lainnya
1 dari 275
Loading...

Diigatkan pelaku usaha atau petani untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak dan menggunakan masker saat berbelanja.

H. Sugianto Sabran juga menyerahkan secara simbolis bantuan bibit cabe dan jeruk sebanyak 25.000 bibit dan 100 paket sembako bagi para petani.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Hultikultura dan Peternakan Sunarti, pasar tani digelar untuk mendukung pengembangan akses pemasaran langsung dari petani atau kelompok tani produsen produk hortikultura atau pertanian. Kegiatan pasar tani ini diharapkan sangat membantu petani atau pelaku usaha produk pertanian dalam memasarkan produknya secara langsung sampai ke konsumen.

Pasar Tani ini juga bertujuan menjaga kestabilan harga serta Pasokan/ distribusi ditengah pandemi covid 19. Kegiatan ini sepenuhnya dikelola oleh para pelaku pasar tani.

Hadir pada kegiatan tersebut Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Kalimantan Tengah (TP-PKK Prov. Kalteng) Ivo Sugianto Sabran, Kepala Dinas TPHP Prov. Kalteng Hj. Sunarti beserta jajarannya, Kepala Perangkat Daerah terkait dan para tamu undangan lainnya.

Abdul Kadir Ketua Kelompok Tani Mekar Jaya mengakui adanya pasar tani.Berkah sangat membantu petani menjuak langsung hasil mereja, dengan harga lebih baik dibandingkan melalui tengkulak. (drt/K-10)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya