Hasil Panen Raya Padi Warga Desa Bakau Meningkat

Kotabaru, KP – Hasil panen padi sawah warga Desa Bakau, Kecamatan Pamukan Utara meningkat signifikan pada panen raya Juli 2020, hingga capai dua kali lipat dari hasil sebelumnya, yakni, 6,8 ton per hektare.

Hal tersebut di sampaikan Kepala Dinas Pertanian dan peternakan Kabupaten Kotabaru, Ir. Khairuddin saat mendampingi bupati kotabaru, H. Sayed jafar Alaydrus pada acara panen raya padi sawah di Desa Bakau, kecamatan Pamukan Utara 21/7, yang juga di hadiri oleh ketua TP-PKK Kotabaru, Hj. Fatma Idiana Sayed Jafar, Komandan Kodim 1004 Kotabaru, Letkol. Inf. Rony Fitriyanto, para kepala SKPD, Forkopimca dan warga kelompok tani kecamatan setempat.

Dalam sambutannya Bupati Kotabaru mengatakan, “Pertanian merupakan salah satu program dari pemerintah pusat yang juga termasuk dalam visi misi Bupati Kabupaten Kotabaru yaitu Agrobisnis dan Pariwisata,” ujarnya.

“Pertanian juga merupakan agrobisnis, sesuai dengan Visi Misi kabupaten Kotabaru yang akan terus memajukan agrobisnis dan pariwisata.

Berita Lainnya
1 dari 107
Loading...

Kepada kepala desa dan kelompok tani khususnya, agar jangan pernah merasa puas dengan hasil yang ada, keberhasilan panen ini seyogyanya terus ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat desa.

Kita bangga dengan hasil panen di Desa Bakau ini, namun jangan langsung puas, akan tetapi terus ditingkatkan,sehingga bisa memperbaiki perekonomian di desa ini, apa lagi ditengah maraknya Virus Covid 19 nantinya juga kami dengan dinas terkait akan terus memberikan pelatihan dan penyuluhan” Jelas Bupati.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Ir. Hairudin,MSi mengatakan “Kegiatan ini merupakan program dari pemerintah yang lahan padi sawah 100 hektar dibagi untuk 4 desa. Alhamdulillah, panen padi sawah di Desa Bakau ini mencapai 6,8 Ton /hektar gabah kering. Peningkatan ini terjadi signifikan setelah kita perkenalkan teknologi, yang tadinya hanya 3 ton lebih,” ujar Khairuddin penuh semangat.

“Sementara itu, Khairuddin menambahkan, untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para petani dan warga, nantinya akan kita beri program tanaman jangka pendek, semacam tanaman buah-buahan, atau memelihara bebek, ayam, dan lainnya”, katanya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kotabaru juga menyerahkan Bantuan berupa Bibit padi dan 1 unit alat perontok padi.

Sebelumnya, Kotabaru telah melaksanakan Panen Raya di dua Desa, yaitu desa Sungai Pasir kecamatan Pulaulaut tengah dan Desa Teluk Mesjid, Kecamatan Pulau Laut Timur, yang masing-masing seluas 25 hektare. (and/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya