KNPI Diharap Tidak Terpaku Bantuan Dana Pemerintah

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry, menerima kunjungan jajaran Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten HSS, Selasa (14/7/2020) kemarin di Aula Rakat Mufakat kantor Sekertariat Daerah (Setda) Kabupaten HSS.  

Bupati HSS Achmad Fikry menuturkan, pihaknya berharap banyak dengan kepengurusan KNPI Kabupaten HSS. Adanya KNPI yang mengayomi berbagai Organisasi Kepemudaan (OKP) menurutnya, kegiatan kepemudaan menjadi lebih baik dan berkembang.  

Achmad Fikry mengaku, pihaknya selalu siap mendukung berbagai program kerja dan kegiatan dari KNPI Kabupaten HSS.

Bupati Fikry berharap, KNPI tidak terpaku dengan satu sumber dana yang berasal dari pemerintah saja. Tidak adanya bantuan dana hibah dari Pemerintah tambahnya, bukan berarti KNPI tidak bisa berjalan.

Situasi seperti inilah ujarnya, kita diminta berjuang untuk mencari dana kegiatan dari sumber-sumber lain.

“Bila memang ada kegiatan, silakan ajukan proposal ke Pemkab. Bila pos anggarannya belum ada, bisa tawarkan ke pihak perbankan maupun perusahaan melalui program CSR nya,” papar Fikry.

Bantuan dari Pemkab jelasnya, bisa dilakukan dengan memasukkan agenda yang disinergikan ke dinas yang terkait. Jika dinas itu belum ada dana karena aturan dan sistem, bisa cara lain yakni dengan proses hibah.

Namun, ia berharap kondisi saat ini bisa dimaklumi, karena hampir sebagian besar anggaran yang ada digunakan untuk penanganan wabah Covid-19, sehingga dana yang ada pun sangat terbatas. 

Berita Lainnya
1 dari 294
Loading...

Pada kesempatan itu, Achmad Fikry juga meminta, agar KNPI di periode sekarang mampu mendata semua OKP. Sebab terangnya, pihaknya ingin semua OKP taat aturan. 

“Tolong perhatikan periode kepengurusan OKP, apakah masih aktif atau sudah tidak berlaku atau kadaluarsa. KNPI harus bisa mendorong proses regenerasi kepengurusan setiap OKP,” pesan Achmad Fikry, menekankan.

Kunjungan DPD KNPI Kabupaten HSS itu, dalam rangka melakukan audiensi dengan Bupati, terkait program kerjanya untuk tiga tahun ke depan.

Ketua DPD KNPI Kabupaten HSS, Muhammad Risky mengatakan, program kerja KNPI Kabupaten HSS untuk 3 tahun ke depan diantaranya beberapa kegiatan rutin yang bersifat sosial mapun seremonial.

Periode kepengurusan ini ungkapnya, program pihaknya menekankan pada dua kegiatan utama, yakni membentuk lembaga bantuan hukum (LBH) pemuda KNPI, dengan prioritas pendampingan hukum untuk masyarakat miskin.

“Untuk kegiatan ini, sudah dikonsultasikan ke KNPI Provinsi, Pengadilan Negeri Kandangan serta Kapolres. Alhamdulillah sudah mendapat restu dan tinggal menerbitkan SK pembentukkan LBH nya saja lagi,” ungkapnya.

Proogram kerja lain tambahnya, bergerak di bidang wirausaha. Ia mengaku sudah mendapat bantuan gerobak, serta pinjam pakai meja dan kursi untuk berdagang dari Dinas Perdagangan Kabupaten HSS.

Kegiatan itu sudah berjalan dari Januari sampai Februari 2020, namun karena adanya pandemi Covid-19 ini, untuk sementara terhenti. “Beberapa bulan ke depan kegiatan ini akan dilanjutkan kembali, tempatnya di depan Sekretariat KNPI Kabupaten HSS di depan Gedung MTQ kandangan,” jelasnya.

Pertemuan itu, turut dihadiri Asisten Administrasi Pembangunan dan Kemasyarakatan, Setda Kabupaten HSS, Sasmi Rifani dan Kabag Protokol dan Kehumasan Setda, Kabupaten HSS Eko Harjidi Putra. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya