Lelang Jabatan Dikejar Waktu

Banjarmasin, KP – Hingga saat ini ada lima jabatan definitif kepala SKPD di Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin yang masih kosong dan sementara diisi pelaksana tugas (Plt). 

Jabatan itu yakni, Satpol Pp dan Dampak, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan, Dinas Ketenagakerjaan dan UMKM, serta Dinas Komunikasi dan Informasi.

Pemko saat ini masih berusaha mengisi posisi tersebut dengan menyampaikan usulan ke pemerintahan pusat yakni melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk dilelang.

“Tahapannya ada dua, pertama izin dulu ke Kemendagri. Kalau sudah dapat baru disampaikan ke KASN untuk persetujuan lelangnya,” ujar Sekda Banjarmasin, Hamli Kursani, Rabu (01/07/2020).

Nantinya, jika sudah ada persetujuan baik dari Kemendagri maupun Komisi ASN, maka lelang jabatan pun bisa dilakukan. Namun hingga hari ini usulan yang disampaikan pada pekan lalu itu belum ada jawaban dari Kemendagri. 

“Belum ada jawaban hingga saat ini. Ya masih kami tunggu. Semoga saja bisa senegaranya agar lelang bisa dilaksanakan,” terangnya.

Berita Lainnya
1 dari 1.421
Loading...

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Banjarmasin, Ahmad Saffri Azmi, mengkhawatirkan proses pengisian kepala SKPD tersebut bakal berlangsung lama baru bisa dilaksanakan. 

Mengingat, saat ini proses tahapan Pilkada sudah mulai berjalan. Sedang walikota hanya boleh melantik pejabat enam bulan sebelum penetapan. 

“Mengingat saat ini menjelang pelaksanaan Pilkada, maka mekanisme pengisian jabatan yang kosong tersebut agak panjang. Tapi semoga saja bisa cepat,” harapnya.

Namun demikian, toh jika pengisian lima kepala SKPD harus molor bisa saja nantinya pengisiannya berbarengan dengan lima pejabat eselon II yang juga memasuki masa pensiun di akhir tahun nanti.

Adapun pejabat tersebut yakin, Ichwan Noor Chalik yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan, Esya Zain sebagai Sekretaris DPRD, Arifin Noor sebagai Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin.

Kemudian Gazi Ahmadi sebagai Asisten I Pemerintahan dan yang terakhir Khairul Saleh Kepala Dinas Dukcapil. “Lima pejabat ini juga bakal pensiun akhir tahun nanti,” pungkasnya. (sah/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya