PAUD, SD dan SMP di Daha Dapat Bantuan

Kandangan, KP –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Hulu Sungai Selatan (HSS) kembali memberikan berbagai bantuan untuk jenjang PAUD,TK, SD dan SMP untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah.

Bantuan untuk kegiatan pendidikan itu diberikan untuk tiga Kecamatan di wilayah Daha, yakni Daha Selatan, Utara dan Barat.

Penyerahan bantuan tersebut ditandai dengan dilakukan penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD), dan Berita Acara Serah Terima (BAST) oleh Bupati HSS Achmad Fikry dan para penerima, Kamis (9/7/2020) pagi  di Gedung Bulu Tangkis, Kecamatan Daha Utara.

Kegiatan itu, turut disaksikan Wakil Bupati (Wabup) Syamsuri Arsyad, dan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Siti Erma.

Siti Erma mengatakan, berbagai bantuan diberikan untuk terus meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan visi dan misi Pemkab HSS yaitu cerdas, inovatif, teknologis dan agamis.

“Semoga dengan berbagai bantuan ini, pendidikan di Kabupaten HSS terus meningkat mulai dari jenjang PAUD, SD sampai SMP,” tutur Siti Erma.

Dipaparkannya, bantuan untuk tiga Kecamatan Daha seperti Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) PAUD tahap pertama sebesar Rp 621,9 juta, BOP kesetaraan sebesar Rp 261,3 juta, bantuan Meubelair (Meja, Kursi Siswa/Guru dan/atau Lemari Kelas) sebesar Rp 66.810.000.

Kemudian, bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) TK Negeri Pembina Daha Selatan sebesar Rp110.152.000, bantuan alat tulis warga belajar sebanyak 164 paket dengan total dana sebesar Rp 16.728.000.

Berita Lainnya
1 dari 291
Loading...

Selain itu, bantuan DAK SD sebanyak 11 paket sebesar Rp1.362.491.400, bantuan untuk pembangunan/rehabilitasi jenjang SD sumber Dana Alokasi Umum (DAU) sebanyak lima paket dengan total dana sebesar Rp 638.000.000.

Bantuan mebel sebanyak 157 buah meja dan kursi untuk guru SD, dengan total dana sebesar Rp 117.750.000. Bantuan peralatan komputer sebanyak 25 unit laptop, satu rerver dan satu unit UPS sebesar Rp 186.950.500. Bantuan DAK SMP sebesar Rp 1.180.341.600, bantuan mebel sebanyak 75 paket meja dan kursi untuk guru SMP dengan total dana sebesar Rp 56.250.000.

Bupati HSS, Achmad Fikry menuturkan, berbagai bantuan diberikan itu diharapkan dapat terus meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten HSS.

“Mudah-mudahan apa yang kami serahkan bisa segera dimanfaatkan dan bermanfaat untuk kelancaran proses belajar mengajar,” harapnya.

Bupati Fikry berpesan, bantuan dana diberikan dikelola dengan baik dan dipertanggungjawabkan sesuai ketentuan. “Bantuan diberikan dicatat, supaya dapat memudahkan saat dilakukan pemeriksaan oleh Badan Pengawas Keuangan (BPK),” pesannya.

Menghadapi new normal, seandainya diterapkan dengan melaksanakan standar protokol kesehatan Covid-19, ia meminta sekolah untuk mempersiapkannya.

“Paling penting adalah bagaimana kita mengawal anak didik, agar mereka mematuhi protokol kesehatan,” pinta bupati dua periode ini.

Protokol kesehatan yang diterapkan seperti menggunakan masker saat beraktivitas, rutin mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan jaga jarak atau menghindari kerumunan. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya