Pemkab Balangan Serahkan APD Untuk KPUD dan Bawaslu

Paringin, KP – Guna menyukseskan jalannya tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Balangan, 9 Desember 2020 mendatang. Pemerintah daerah kabupaten Balangan memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) Covid-19 kepada KPU dan Bawaslu Balangan serta Polres Balangan. Penyerahan APD dilakukan langsung oleh Bupati Balangan, H Ansharuddin didampingi Sekdakan Ir H Ruskariadi, Kepala BPBD serta disaksikan para pejabat dilingkup Pemkab setempat kepada Ketua KPU dan Ketua Bawaslu serta Polres Balangan, di halamat Kantor Bupati, Selasa (07/07).

Adapun bantuan APD yang diserahkan Pemkab Balangan kepada KPU, Bawaslu dan Polres Balangan berupa masker scuba, thermogun, sarung tangan, hansanitizer kecil, hansanitizer besar serta pelindung wajah.

BUPATI BALANGAN – H Ansharuddin serahkan bantuan APD kepada Ketua Bawaslu Balangan. (KP/Ist)

“APD yang kami berikan hari ini ke penyelenggara pemilu agar dalam melaksanakan tugas dan pengawasan Pilkada dapat terhindar dari penularan corona. Sehingga terjadi pemutusan mata rantai penularan Covid-19 di Balangan,” ujar Ansharuddin.

Menurut dia, pelaksanaan dan pengawasan Pilkada yang dilakukan jajaran KPU , Bawaslu dan Polres Balangan  juga mengedepankan protokol kesehatan covid-19.

“Semoga kelengkapan APD ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Ini juga merupakan amanat undang-undang untuk memfasilitasi penyelenggara KPU dan Bawaslu dan Polres Balangan dalam menjalankan tugasnya di lapangan,” jelasnya.

Berita Lainnya
1 dari 281
Loading...

Disebutkannya, dana yang disiapkan untuk APD penyelenggara Pemilu sebesar , Rp. 1.334.495.000 yang diambil dari anggaran Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Balangan.

Ketua KPUD Balangan, Saripani. Ia mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Balangan yang telah memberikan bantuan APD, meski masih ada kekurangan. Bantuan APD sempat dibahas di tingkat pusat dan akan ditanggung melalui APBN dalam item belanja APD.

“Sudah kami terima APD untuk tahapan Pilkada dari Pemkab Balangan secara simbolis. APD yang kami terima seperti masker, thermogun, serta beberapa APD lainnya,” jelasnya.

Saripani mengapresiasi, langkah Pemkab Balangan yang telah membantu kebutuhan KPU dalam tahapan Pilkada 2020. APD menjadi bagian dari salah satu tahapan Pilkada 2020 di tengah pandemi. 

Sama halnya dengan Bawaslu Balangan, Roesmelyanoor selaku Ketua Bawaslu juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Balangan yang telah membantu APD ke penyelenggara pemilu. Karena saat ini tahapan pemilu verifikasi faktual (verfak) calon perseorangan sudah berjalan sejak 24 Juni 2020.

Diakuinya, penyelenggara pemilu dalam menjalankan tugas verfak di lapangan banyak bertemu dengan orang banyak serta sangat berpotensi tertular penyebaran virus.

“Setidaknya APD ini bisa membantu kita dalam kelancaran tugas penyelengaraan pemilu sesuai dengan tugas kita, dari jumlah Bantuan ini dirasa cukup untuk masing masing petugas dilapangan,” imbuhnya. (jun/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya