Pertanian Diyakini Cepat Bangkit Pasca Pandemi COVID-19

Martapura, KP – Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Banjar Ir HM Fachry mengatakan, di masa pandemi Covid-19 saat ini, hampir semua sektor mengalami kelesuan. Sektor perdagangan, transportasi, industri, pariwisata, tidak terkecuali sektor pertanian.

“Semua berjalan merayap, Namun hanya sektor pertanian lah yang diyakini mampu untuk segera bangkit dan menggairahkan perekonomian masyarakat,” kata Fachry saat membuka Musda Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Banjar, di Aula Dinas TPH, Rabu (8/7)

Menurutnya, disinilah peran penyuluh guna mengawal kebangkitan tersebut. Bila penyuluh dan petani ikut-ikutan bekerja dari rumah (work from home), kita bakal tidak bisa menanam.

”Kami yakin, bila penyuluhnya berdedikasi, disiplin dan profesional, tidak kendor, maka sektor pertanian kita terus tumbuh, mendukung ekonomi dan stabilitas ketahanan nasional,” tandasnya.

Sementara itu saat menggelar Musda kemarin, pihak Perhiptani menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. Setiap peserta yang akan memasuki aula wajib mengenakan masker dan melalui pengecekan suhu tubuh serta membersihkan tangan dengan hand sanitizer.

Berita Lainnya

Pusat Imbau Daerah Terapkan JKN KIS

Dewan Sahkan Perda Perubahan APBD 2020

1 dari 307
Loading...

Selain itu, panitia juga tidak mengundang seluruh anggota seperti lazimnya pelaksanaan Musda di masa sebelum Pandemi. Mereka yang hadir langsung di arena Musda hanyalah perwakilan.

Hal ini diungkapkan Ketua Panitia Musda, Nurdiyani Rahmanillah, SP. Menurutnya musda kali ini tidak memungkinkan untuk menghadirkan seluruh anggota Perhiptani yang jumlahnya mencapai 120 orang.

”Jadi menggunakan sistem perwakilan, berdasarkan surat mandat dari anggota yang tidak hadir dari tiap-tiap BPP. Yang hadir hanya 70 orang saja,” ujarnya.

Bagi anggota yang tidak hadir, bukan berarti ketinggalan mengikuti jalannya Musda. Sebab panitia sudah menyiapkan aplikasi zoom meeting yang memungkinkan semua anggota mengikuti agenda penting lima tahunan tersebut dari tempat masing masing.

Adapun musda yang memiliki agenda utama memilih kepengurusan Perhiptani Banjar Masa Bakti 2020-2025 ini, dibuka dengan pemukulan tarbang/rebana oleh Kadis TPH, Kadis Nakbun dan Kaban Kesbangpol, bersama-sama dengan Ketua DPW dan Ketua DPD Perhiptani. Juga ada pemberian tali asih kepada anggota Perhiptani yang sudah purna tugas sebagai Penyuluh Pertanian PNS. (Wan/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya