Spesialis Pemalsu Uang Kembali Masuk Bui

Banjarmasin, KP – Zainal (61), sepertinya tidak pernah jera jadi penghuni bui. Meski sudah menghirup udara bebas berkat program napi asimilasi, ia akan kembali masuk penjara.

Pasalnya, warga Jalan Barito Hulu Kelurahan Pelambuan Kecamatan Banjarmasin Barat ini, ditangkap Opsnal Buser Polsek Banjarmasin Barat karena kasus serupa, yakni pemalsuan uang.

Kapolsek Banjarmasin Barat, Kompol Mars Suryo Kartiko melalui Kanit Reskrim, Iptu Yadi Yatullah mengungkapkan, Zainal tersebut ditangkap hanya beberapa bulan setelah keluar penjara atas kasus uang palsu (Upal).

“Zainal ini sebenarnya sudah 4 kali masuk bui karena kasus yang sama. Dan ditangkap di rumahnya pada Selasa (21/07/2020),” bebernya, kepada media, Jumat (24/07/2020).

Penangkapan pelaku bermula dari informasi masyarakat, bahwa ada seseorang yang memalsukan dan menyimpan uang rupiah palsu.

Setelah dilakukan penyelidikan dan memastikan identitas pelaku, kemudian dilakukan penggledahan di rumahnya.

Berita Lainnya

Lana Hujani Jukir dengan Pisau

Operasi Yustisi Perwali Wajib Masker Diperpanjang

1 dari 878
Loading...

“Saat itu ditemukan barang bukti berupa uang palsu senilai Rp29.750.000 dengan rincian pecahan Rp100 ribu sebesar Rp12.200.000, pecahan Rp50 ribu sebesar Rp15.650.000 dan pecahan Rp20 ribu sebesar Rp. 1.900.000.

Upal tersebut disimpan pelaku dalam magicjar yang diletakannya di dapur.

“Dari pengakuan pelaku memperoleh keahliannya secara otodidak dan bermain sendiri, namun hal itu masih dalami tentang adanya kemungkinan pelaku lain,” ujar Kanit.

Selain mengamankan Upal yang sudah jadi, petugas juga mengamankan printer, kertas HVS, Cutter, gunting dan peralatan lain yang diduga digunakan pelaku untuk membuat Upal.

Lebih lanjut Kanit mengungkapkan, pelaku sempat mengedarkan Upal tersebut di kawasan Anjir. Pelaku menjual Rp4 Juta Upal dengan harga Rp1 juta kepada seseorang.

Atas ulahnya, residivis ini dijerat dengan Pasal 36 ayat (1) dan (2) UU RI Nomor 7 tahun 2011 tentang Mata Uang. (fik/K-4)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya