Wabup HSS: Terus Jaga Kekompakan dalam Menghadapi Bencana

Kandangan, KP – Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Aryad, menghadiri kegiatan komunikasi sosial dengan aparat pemerintah, yang dilaksanakan Komando Distrik Militer (Kodim) 1003/Kandangan, Selasa (14/7/2020) kemarin di Aula Manuntung Makodim 1003 Kandangan.

Kegiatan itu, dilaksanakan dalam rangka komunikasi dan sinergitas bersama untuk melakukan mitigasi, atau mengurangi dan meminimalkan dampak dari suatu bencana alam, terhadap masyarakat.

Wabup HSS Syamsuri Arsyad, mengapresiasi dan menyambut baik, dilaksanakannya kegiatan komunikasi sosial itu.

Melalui kegiatan itu harapnya, sinergitas, kekompakan dan kebersamaan dalam menghadapi dan menangani bencana, dapat terus dijaga dan ditingkatkan lagi. “Sehingga terjalin komunikasi dan sinergitas bersama, dalam rangka mengatasi bencana alam maupun pandemi Covid-19 yang terjadi di Kabupaten HSS,” ujarnya.

Syamsuri mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya, kepada seluruh jajaran TNI dan Polri, yang selama ini telah siap-siaga dan turut berperan aktif, dalam menangani bencana di daerah HSS.

Syamsuri Arsyad menyebutkan, di Provinsi Kalimantan Selatan terdapat dua potensi bencana, yang menjadi siklus tahunan. Pada musim kemarau rawan dengan kebakaran, sedangkan musim hujan rawan terjadi bencana banjir, tanah longsor, serta angin puting beliung.

Untuk itu ungkapnya, Pemkab HSS melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait telah melakukan berbagai langkah. Hal itu, sebagai upaya meminimalisir dampak yang timbul jika terjadi bencana.

Berita Lainnya
1 dari 292
Loading...

“Misalnya dengan mengoptimalkan seluruh elemen masyarakat, masyarakat peduli api, relawan penanggulangan bencana, serta menjalin kerjasama dengan aparat TNI dan Polri,” terangnya.

Wabup Syamsuri mengimbau, kegiatan pencegahan dan penanggulangan bencana alam yang dilakukan, tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

“Hal ini penting, mengingat di daerah HSS masih terjadi penambahan jumlah positif Covid-19,” ujarnya.

Ia berharap, semua yang hadir pada acara itu dapat menjadi contoh di keluarga dan lingkungan masing-masing, dalam hal kepedulian penanganan pandemi Covid-19.

Dandim 1003/Kandangan, Letkol Arm Dedy Soehartono menjelaskan, kegiatan itu bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan hubungan antaraTNI-AD, khususnya Kodim 1003/Kandangan dengan aparat Pemerintah Kabupaten HSS.

Hal itu ujarnya, guna membangun persatuan dan kesatuan bangsa, nilai Pancasila dan wawasan kebangasaan. Serta menyiapkan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukung, sehingga diperoleh kesamaan visi dan persepsi, dalam memahami dinamika tugas dan perkembangan situasi saat ini.

Dandim Dedy Soehartono berharap, tujuan yang ingin dicapai dalam acara itu dapat terlaksana dan terwujud dengan baik.

Kegiatan itu turut dihadiri Ketua DPRD Kabupaten HSS Akhmad Fahmi, Kajari HSS Agus Rojitu, serta Wakapolres HSS Kompol Reinaldo. Adapun peserta kegiatan itu, terdiri dari Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan se-HSS, yakni para Camat, Kapolsek serta Danramil. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya