HUT RI Berjalan Sederhana

Marabahan, KP – Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI) tanggal 17 Agustus tahun 2020 di Kabupaten Barito Kuala (Batola) Senin, berlangsung sederhana.

Biasanya pelaksanaan digelar di Lapangan 5 Desember Marabahan, namun akibat pandemi, upacara hanya dilangsungkan di halaman Kantor Bupati Barito Kuala (Batola).

Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pesertanya pun sangat terbatas yakni berkisar puluhan orang yang terdiri dari pasukan TNI, Polri, Satpol-PP, dan korpri masing-masing 1 pleton. Jumlah yang sama juga terjadi pada saat upacara penurunan.

Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-75 RI di Batola ini bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Hj Noormiliyani AS. Sedangkan Komandan Upacara Pasi Ops Kodim 1005/Marabahan Kapten CAJ Mahyuni Aziz dan Perwira Upacara Kapten CPL Dwi Suhandiwan.

Upacara yang juga dihadiri Wakil Bupati H Rahmadian Noor, Ketua DPRD Saleh, Pj Sekda H Abdul Manaf, dan seluruh unsur forkopimda beserta para pimpinan organisasi wanita ini dirangkai berbagai kegiatan dan penyerahan.

Di antara penyerahan yang dilakukan seperti penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) Bidang Pembangunan Keluarga, Kepedudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) Tahun 2020 dari BKKBN Pusat yang diserahkan melalui Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel kepada Bupati Hj Noormiliyani AS sebagai satu-satunya Kepala Daerah di Kalsel yang meraih penghargaan ini.

Berita Lainnya
1 dari 169
Loading...

Penghargaan juga diberikan kepada Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Barito Kuala Hj Harliani dengan menorehkan prestasi Peringkat I Pencapaian Akseptor KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Tingkat Provinsi Kalsel dan sebagai Peringkat I TOP 5 Pelayanan KB Pasca Persalinan dalam rangka Harganas ke-27 Tahun 2020.

Tak hanya itu, upacara juga dirangkai pemberian remisi kepada 139 Narapidana Rutan Klas 1A Marabahan yang dilakukan secara simbolis kepada 2 perwakilan serta penyerahan tali asih kepada Legiun Veteran oleh Bupati Hj Noormiliyani.

Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-75 di Kabupaten Barito Kuala yang dimulai sekitar pukul 08.00 wita ini diawali laporan Perwira Upacara Kapten CPL Dwi Suhandiwan dilanjutkan penghormatan pasukan dipimpin Komandan Upacara Kapten CAJ Mahyuni Aziz.

Usai penghormatan, dilanjutkan pengibaran sang merah putih diiringi lagu Indonesia Raya dan penghormatan dipimpin Komandan Upacara Kapten CAJ Mahyuni Aziz. Sedaang pengibaran bendera merah putih hanya dilakukan 3 orang pengibar bendera yang semuanya laki-laki.

Usai pengibaran bendera, Inspektur Upacara Bupati Noormiliyani memimpin mengheningkan cipta serta pembacaan teks Pancasila yang diikuti segenap peserta upacara, dilanjutkan pembacaan UUD 1945 dari Ketua DPRD Batola Saleh dan ditutup pembacaan doa oleh Kepala Kemenag Batola H Rusbandi.

Bersamaan Hari Peringatan Kemerdekaan ke-75 di Batola ini dilaksanakan beberapa kegiatan seperti Wakil Bupati H Rahmadian Noor dan Pj Sekda H Abdul Manaf mengikuti Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan di Istana secara virtual yang berlangsung sekitar pukul 11.00 wita.

Dalam waktu bersamaan Bupati Hj Noormiliyani AS menghadiri kegiatan Swab Masif dari pihak Provinsi Kalsel di Rutan Marabahan. Tak hanya itu, usai menghadiri kegiatan swab masif sekitar pukul 12.00 wita Bupati Noormiliyani melepas kegiatan Gebrak Masker yang diselenggarakan Tim Penggerak Pembedayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) bersama Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Kabupaten Barito Kuala. (ang/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya