Omset dan Penjualan Kerajinan Getah Nyatu di Kapuas Alami Penurunan Selama Pandemi COVID-19

Kuala Kapuas, KP – Selama pandemi COVID-19, omset dan penjualan Usaha Kecil Menengah (UKM) kerajinan Getah Nyatu di Toko Souvenir ANTIK milik Edy Bambang yang berada di jalan Kapuas Seberang II Kelurahan Dahirang, Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, mengalami penurunan.

“Omset dan penjualan produk dimasa pandemi Covid-19 ini mengalami penurunan sebanyak 50 persen dari biasanya yang 90 persen,” kata Edy Bambang, di Kuala Kapuas, Selasa (11/8).

Dengan adanya itu juga, lanjut Edy, yang menyebabkan sebanyak 24 orang karyawannya yang bekerja terpaksa tidak dipekerjakan sementara dan Getah Nyatu yang telah diproduksi dijual seadanya.

Berita Lainnya
1 dari 108
Loading...

Kata dia, untuk saat ini tamu yang datang berkunjung berkurang dari sebelumnya dan pengiriman barang-barang pun juga berkurang, khususnya untuk keluar daerah kota di masa pandemi ini.

Edy mengatakan, usaha kerajinan Getah Nyatu ini sudah dibuka selama 33 tahun sampai sekarang. Usaha ini, katanya, mulai dibangun sejak tahun 1987 dan turun temurun dari orang tua hingga ke anak dan cucu.

Penjualan hasil produk Getah Nyatu ini biasanya di jual secara online maupun langsung datang dan kebanyakan yang datang ke toko tersebut membeli untuk dijual Kembali. Usaha Pembuatan Getah Nyatu ini pun dibuat secara Home Industri, dengan mempunyai karyawan sebanyak 24 orang.

Katanya, untuk penjualan kerajinan ini mulai dari dalam daerah maupun luar daerah Kapuas, seperti dari Banjarmasin, Martapura, Provinsi Kalimantan Selatan, dan Balikpapan, Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, serta daerah lainnya dengan tetap menggunakan protokol Kesehatan.

Dengan adanya hal itu, Edy berharap adanya perhatian dari pemerintah daerah setempat, terkait Usaha Kecil Menengah kerajinan Getah Nyatu miliknya tersebut, ditengan dampak pendemi COVID-19 yang melanda hingga saat saat ini.(Al/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya