Pemandu Wisata Dibekali Kemampuan Pertolongan

Banjarmasin, KP – Sumber daya manusia (SDM) pariwisata kini dibekali kemampuan untuk memberikan pertolongan pertama kepada wisatawan yang berkunjung ke Kota Banjarmasin.


“Kita merasa perlu membekali SDM pariwisata dengan kemampuan pertolongan pertama (first aid),” kata Asisten I Pemko Banjarmasin, Doyo Pudjadi kepada wartawan, Rabu (12/8/2020), di Banjarmasin.


Hal tersebut diungkapkannya usai membuka Training dan Sertifikasi Pertolongan Pertama (First Aid) bagi SDM Pariwisata Kota Banjarmasin yang bekerjasama dengan PMI setempat, yang berlangsung selama dua hari.

Berita Lainnya
1 dari 1.421
Loading...


Menurut Doyo Pudjadi, pelatiahan ini untuk membekali SDM pariwisata, baik pemandu wisata, motoris klotok maupun kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang ada di sekitar obyek wisata dengan kemampuan pertolongan pertama.


“Jadi mereka bisa memberikan pertolongan pertama, jika terjadi kecelakaan atau hal-hal yang tidak diinginkan,” tambah Doyo.


Doyo menambahkan, keterampilan ini juga dalam rangka 10 pelayanan prima yang diberikan kepada wisatawan, termasuk sarana dan fasilitasnya.


“Ini akan memberikan kenyaman bagi pengunjung ataupun wisatawan,” tambahnya.


Sementara itu, Ketua PMI Kota Banjarmasin, H Rusdiansyah mengatakan, SDM pariwisata akan diberikan pelatihan untuk pertolongan pertama, jika menemui kejadian atau kecelakaan di lokasi wisata.


“Jadi mereka bisa memberikan pertolongan pertama saat ada kecelakaan ataupun kejadian lainnya, seperti pingsan, sesak nafas, kecelakaan ringan dan lainnya,” ujar Rusdiansyah. (lyn/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya