RSD Idaman Banjarbaru Resmikan Ruang Perawatan Covid-19

Banjarbaru,KP – Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru Rizana Mirza dan Direktur RSD Idaman Kota Banjarbaru dr Endah Labati Silapurna, meresmikan Ruang Perawatan Covid-19 RSDI Kota Banjarbaru yang ada di Rumah Sakit Daerah Idaman (RSDI) Kota Banjarbaru.

Dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Prov Kalsel M Muslim yang mewakili Gubernur Kalimantan Selatan, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Banjarbaru, Asisten III Pemerintah Kota Banjarbaru dan undangan, bahwa ruangan perawatan ini terdapaat ruang ICU covid 19 dan ruang perawatan isolasi Covid 19, didukung dengan peralatan medis mendukung layanan Covid 19.

Bangunan terdiri dari 2 lantai, lantai 1 eks tempat parkiran untuk pelayanan ICU covid 19 yang bertekanan negatif dengan jumlah tempat tidur sebanyak 8 bed dilengkapi dengan peralatan hepa filter, ventilator dengan penggunaan dana DAK.

“Alhamdulillah kita juga telah bantuan dua alat Ventilator dapat dari Ketua Relawan Indonesia Bersatu Bapak Sandiaga Uno,’’ Ujar Direktur RSD Idaman Kota Banjarbaru dr Endah Labati Silapurna.

Berita Lainnya

Lagi, Gebrak Masker di Sungai Sumba

1 dari 357
Loading...

Sedangkan di lantai 2 dibuat sesuai standar ruangan perawatan covid 19 dengan 29 tempat tidur dengan fasilitas ruang perawatan ruang pemeriksaan radiologi, ruang laboratorium, dengan dana APBD Kota Banjarbaru ada juga ruang kenari yang kami desain untuk perawatan covid 19 bagi pasien ibu yang melahirkan dengan suspek atau konfirmasi covid 19 dengan jumlah 4 bed, RSD Idaman Kota Banjarbaru juga mendapatkan bantuan Mobile X-Ray dari Gubernur Kalimantan Selatan.

” Dengan adanya penambahan tempat tidur ini Insya Allah kita mampu menampung maksimal 65 pasien covid-19 yang mana sebelumnya rata-rata pasien komplit perhari antara 30 sampai 35 pasien,”tambahnya.

Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan menyampaikan, dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan di RSD Idaman Banjarbaru sekaligus juga sebagai upaya percepatan penanganan pandemi covid 19 di daerah ini. Dengan terealisasinya pengadaan ruang perawatan covid 19 di Rumah Sakit Idaman Banjarbaru ini, meski saat ini Banjarbaru di tengah berada pada APBD yang defisit.

“Saat refocusing dan relokasi anggaran PAD kita sangat berkurang, sangat defisit, kita tetap masih mampu melengkapi fasilitas kesehatan kita ini dengan ruang perawatan covid 19 ini, yang tentunya sangat diperlukan dan relevan di tengah pandemi saat ini,”katanya.

Darmawan menjelaskan ruang perawatan Covid 19 tersebut sudah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh kementrian kesehatan dan WHO, dengan dilengkapi sistem-sistem sarana pendukung lainnya dengan ditunjang oleh tenaga-tenaga medis yang profesional.

Wakil Walikota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan juga menyampaikan terimakasih kepada Ketua Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19, Sandiaga Salahudin Uno yang telah memberikan bantuan dua buah alat Ventilator Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru. Satu buah Mobile X-Ray juga diberikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru guna peningkatan pelayanan percepatan penanganan pandemi covid 19 di Banjarbaru. (dev/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya