Agus Febrianto kukuhkan Portina Balangan

Banjarmasin, KP – Ketua PORTINA (Perkumpulan Olahraga Tradisional Indonesia) Kalimantan Selatan, DR Agus Febrianto mengukuhkan kepengurusan Portina Balangan yang diketuai Yudhi Rachman, untuk priode 2020-2024, di Hotel Victoria Banjarmasin Sabtu tadi.

Portina Balangan baru saja dibentuk dan dikukuhkan oleh Ketua Portina Kalsel Agus Pebrianto di Hotel Victoria Banjarmasin, Sabtu (19/9/2020) sore. Ini merupakan Portina pertama yang dilantik dan terbentuk kepengurusannya.

“sebenarnya sudah memberikan mandat kepada lima daerah untuk segera membentuk Portina dan Portina Balangan reaktif cepat langsung membentuk dan langsung kami resmikan,” kata Agus.

Agus berharap Portina daerah lain pun segera dibentuk sehingga bisa saling bersinergi mengembangkan olahraga tradisional di Banua.

“OlahRaga tradisional ini dengan olahraga lainnya berkeringat dan berdarah-darah untuk meraih prestasi namun olahraga tradisional lebih santai dan gembira,” kata dia.

Berita Lainnya
1 dari 247

Bahkan di Portina pusat sangat konsentrasi membina olahraga tradisional sehingga banyak memiliki dan menghimpun olahraga-olahraga yang hampir punah untuk dijadikan olahraga berprestasi.

Jagonya para Dayak Balangan dalam menggunakan sumpit dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk berburu, membuat sub etnis Dayak Meratus di Kabupaten Balangan khususnya di Kecamatan Halong membuat Perkumpulan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina) Balangan mengandalkan sumpit menjadi olahraga andalan.

Bagi kabupaten pecahan Hulu Sungai Utara ini sumpit diorediksi bakal menjadi salah satu lumbung medali dikejuaraan tradsional baik lokal maupun nasional.

Ketua Portina Balangan, Yudhi Rachman mengatakan selain sumpit dua cabang lain yakni Ketapel dan Balogo.

“untuk mewujudkan dan mengembangkan tiga cabang olahraga andalan itu kami sudah melakukan renovasi sarana dan prasarana di Balangan,” kata Yudhi

Pelantikan dan pengukuhan Portina Balangan ini, dihadiri Sekretaris Formi Kalsel Hj Galoeh Nisa Basoeni, Ketua dan Sekretaris Formi Banjarmasin, Titin R Imran dan Yenny F Luntungan, perwakilan Dispora Kalsel, Dispora Balangan dan Formi Balangan. (nets/nfr/k-9)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya