Edukasi Cegah Covid, Mahasiswa FK Bentuk Peer Educator

Banjarbaru, KP – 10 orang mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran (PSKM FK) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) telah merampungkan kegiatan pembentukan peer educator, Minggu (13/9).

Pembentukan Peer Educator sendiri merupakan bentuk pengabdian masyarakat PSKM FK ULM. Kegiatan ini hasil inisiasi dari Meitria Syahadatina Noor, Andini Octaviana Putri dan Fakhriyah yang merupakan dosen Departemen KIA Kespro PSKM FK ULM.

Salah satu narasumber, Meitria, mengatakan, peer educator remaja ini dibentuk untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai Covid-19 serta cara dan upaya pencegahan yang harus dilakukan.

”Dengan menjadi relawan peer educator, mahasiswa harus dapat membuat dan mengupload informasi mengenai Covid-19 ke media sosial,” tandasnya.

Berita Lainnya

Lagi, Gebrak Masker di Sungai Sumba

1 dari 357
Loading...

Peer educator yang terbentuk ini, sebelumnya harus mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan daring dan melakukan forum diskusi pada sasaran remaja yang dilaksanakan secara virtual.

Sementara Koordinator Peer Educator, Andini, menuturkan, remaja yang sudah dibentuk akan membuat grup WhatsApp. Total seluruh anggota grup WA adalah 113 orang dari 10 grup WA.

”Selain mengedukasi tentang Covid-19 lewat grup WA, peer educator ini juga memberi penyuluhan bersama kepada sasaran yang dikumpulkan tersebut secara daring,” katanya.

Tak hanya menyampaikan Covid-19, lanjut Andini, mereka juga mengevaluasi pengetahuan, sikap dan perilaku sasaran yang menjadi peserta pada grup WA nya masing-masing.

”Peer educator ini digagas untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap masyarakat terkait Covid, sehingga diharap terjadi perubahan perilaku,” pungkasnya. (Wan/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya