Ibnu Sina – Arifin Noor Paslon Pertama Daftar ke KPU

Banjarmasin,KP – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Banjarmasin yang akan digelar serentak bersamaan dengan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel 9 Desember 2020 kini sudah memasuki pendaftaran bakal pasangan calon.

Dipastikan, ajang pesta demokrasi langsung untuk memilih pemimpin Kota Banjarmasin priode 2021 -:2024 akan diikuti empat bakal pasangan calon

Keempat bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota tersebut, terdiri dari tiga pasangan melalui jalur partai dan sisanya lewat jalur independen atau jalur perseorangan.

Tiga pasangan jalur partai adalah sang petahana Ibnu Sina yang dalam ajang Pilwali memilih pasangan Ariffin Noor sebagai calon Wakil Walikota.

Ibnu Sina – Arifin Noor diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrat. Terakhir tadi malam PDIP juga memutuskan parpol yang mengusung Paslon Ibnu Sina – Arifin Noor.

Tiga parpol yang mengusung petahana ini masing-masing memperoleh 5 kursi di DPRD Banjarmasin, total 15 kursi atau sekitar 35 persen dari 45 kursi di dewan.

Masih dari jalur partai adalah H Abdul Haris Makkie-Ilham Noor. Pasangan ini diusung Partai Gerindra 6 kursi, , PPP, 2 kursi dan PBB 1 kursi, total 9 kursi di dewan atau 20 persen. Ditambah satu partai pendukung yaitu Partai Hanura.

Berita Lainnya

Covid Kalsel Sudah Lampaui 10 Ribu

1 dari 970
Loading...

Selanjutnya, Hj Ananda-Mushaffa Zakir yang diusung Partai Golkar yang memperoleh 6 kursi di dewan PKS 5 kursi, PAN 9 kursi dan Nasdem 1 kursi. Total 21 kurrsi atau 45 persen dari empat parpol yang memiliki kursi di dewan.

Sedangkan dari jalur independen atau perorangan adalah Khairul Saleh dan Habib Muhammad Ali Al-Hasby.

Empat pasang calon pasangan perserta Pilkada Kota Banjarmasin ini sudah memiliki jadwal masing-masing untuk mendaftar di KPU Banjarmasin.

Hari pertama dibukanya pendaftaran, hari ni Jumat (4/9/2020) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin. pasangan Ibnu Sina – Arifin Noor paling dulu yang yang mendaftar.

Ibnu Sina – Arifin Noor saat melaksanakan sholat hajat sebelum menyerahkan berkas lamaran ke KPU sebagai paslon Walikota – Wakil Walikota.

Sebelum ke KPU . Ibnu Sina – Arifin Noor yang datang bersama pengurus dan kader parpol pengusung lebih dulu melaksanakan sholat hajat terlebih dahulu di Masjid Hasunuddin Majedi sekitar pukul 08.30 Wita.

Usai sholat hajat sekitar pukul 09. 00 rombongan Ibnu Sina – Arifin Noor langung menuju kantor KPU yang hanya berjarak puluhan meter dari Masjid Hasanuddin Majedi untuk menyerahkan berkas lamaran Paslon Walikota – Wakili Walikota.

Sementara Ketua KPU Kota Banjarmasin, Rahmiyati Wardah mengatakan, KPU amembuka pendaftaran selama tiga hari dari tanggal 4 hingga 6 Sepetember Pendaftaran hari ini Jumat dan besok Sabtu dibuka dari pukul 08.00 hingga 16.00. Sementara pada hari Minggu (6/9) pendaftaran dibuka sampai pukul 24.00. (nid/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya